Minggu, Februari 28, 2021
Beranda Politika Tawuran Maut, Bang Has : Ciptakan Ruang Ekspresi

Tawuran Maut, Bang Has : Ciptakan Ruang Ekspresi

0
Tawuran Maut, Bang Has : Ciptakan Ruang Ekspresi
Anggota DPRD Jawa Barat, H.M Hasbullah Rahmad.
Anggota DPRD Jawa Barat, H.M Hasbullah Rahmad
Anggota DPRD Jawa Barat, H.M Hasbullah Rahmad.

 

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK Tawuran pada Jumat (30/10), yang mengakibatkan satu korban tewas : MS (16), tentu menjadi catatan hitam bagi Kota Depok. Pasalnya di Oktober, juga terjadi kasus identik. Seorang remaja , MA (16), juga meregang nyawa secara konyol.

Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PAN, Hasbullah Rahmad mengatakan, tawuran di Kota Depok ini adalah pekerjaan rumah bersama, bagi orang tua, guru, sekolah, dan juga pemerintah.

“Sebenarnya tawuran ini menjadi masalah yang tidak selesai dari tahun ke tahun. Jadi ini adalah PR kita bersama. Bukan hanya orang tua dan sekolah saja,” tuturnya kepada Radar Depok, Minggu (01/11).

Seharusnya, kata dia, siswa diberi edukasi lebih. Penguatan pendalaman terhadap potensi yang dipunya anak didik. Tidak hanya formal, tapi juga non-formal. Seperti ekstrakulikuler.

“Sehingga banyak kegiatan yang dilakukan peserta didik nantinya selesai sekolah, tidak hanya nongkrong-nongkrong saja,” ujar Bang Has, sapaannya.

Menurut dia, Pemkot Depok memiliki peran juga dalam mengatasi tawuran. Seperti menyiapkan ruang bagi mereka untuk berkreasi.

“Kalau mereka diberikan ruang, mereka dapat mengekspresikan diri dengan kegiatan-kegiatan positif,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia menilai, kebanyakan dari anak muda yang terlibat dalam tawuran, adalah anak-anak yang masih mencari dan ingin menunjukkan identitas jati dirinya. Jadi dilampiaskan dengan cara tawuran.