dominasi langgar KTR
PENERTIBAN: Petugas Satpol PP Kota Depok saat melakukan penertiban di salah satu toko ritel beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA
dominasi langgar KTR
PENERTIBAN : Petugas Satpol PP Kota Depok saat melakukan penertiban di salah satu toko ritel beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Bagi para pemilik toko ritel, tidak boleh lai abai tentang Peraturan Daerah (Perda) Nomor 03 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Pasalnya, Korps Perda mulai gencar menertibkan pemilik toko ritel yang membandel di beberapa bulan  ini.

Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Ferry Birowo mengatakan, tetap melaksanakan penertiban walau di tengah Pandemi Covid-19. “Kami tetap melaksanakan penertiban. Hal tersebut dilakukan, agar masyarakat semakin patuh dengan Perda yang ada,” tuturnya kepada Radar Depok, Kamis (26/11).

Ferry menuturkan, saat penertiban dilakukan di tujuh titik. Yaitu tempat umum yang meliputi tempat usaha, olahraga, wisata, dan lainnya. Kemudian tempat kerja atau pekantoran, tempat ibadah, tempat bermain anak, angkutan umum, tempat proses belajar mengajar, dan tempat fasilitas pelayanan kesehatan.

“Sementara ini kami sudah melakukan penertiban hampir di semua titik. Namun, ada dua titik yang belum kami tertibkan. Yaitu tempat bermain dan angkutan umum,” ujarnya.

Menurutnya, tempat bermain belum dilakukan penertiban karena saat ini memang tempat bermain masih ditutup selama Pandemi Covid-19. Kemudian, untuk angkutan umum akan dilakukan penertiban secepatnya setelah tempat umum selesai dilakukan penertiban.

Berdasarkan data sejak 28 Oktober 2020 sampai dengan 9 November 2020 sudah ada sebanyak 634 pelanggaran. Pelanggaran terbanyak di dominasi oleh tempat umum sebanyak 428 pelanggaran. Kemudian disusul tempat perkantoran 70 pelanggaran, tempat proses belajar mengajar 59 pelanggaran, tempat ibadah 48 pelanggaran.

“Dan jumlah pelanggaran paling sedikit terdapat di tempat fasilitas layanan kesehatan. Ada sebanyak 29 pelanggaran,” sambungnya.