Tim Pengmas Vokasi UI Latih Santri

In Pendidikan
vokasi UI latih santri
PELATIHAN : Ketua Tim Pengmas Vokasi Universitas Indonesia, Istiadi bersama para santri Pesantren Raudhah MRTY yang merupakan peserta pelatihan pendidikan karakter. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Tim Pengabdian Masyarakat (pengmas) Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI), yang terdiri atas tiga dosen dan dua mahasiswa Vokasi UI, di bawah pimpinan Pengabdi Utama Istiadi Soenarto, melaksanakan kegiatan pengmas bertajuk Program Pengembangan dan Pendidikan Karakter dan Public Speaking Bagi Santri dan Remaja Pesantren.

Kegiatan berlangsung pada Agustus hingga Oktober 2020, di sebuah pesantren Ar-Raudhah Masjid Raya Taman Yasmin, Kota Bogor.

Ketua Pesantren Raudhah Masjid Raya Taman Yasmin, Adrian menyambut baik inisiasi pengmas yang dilakukan tim Vokasi UI. Pelatihan yang diberikan sangat bermanfaat bagi para santri yang kerap menyampaikan ceramah maupun pidato, baik di lingkungan masjid maupun di masyarakat.

“Pelatihan pendidikan karakter dan public speaking ditujukan bagi 15 santri putra, dan enam santri putri serta beberapa remaja masjid,” ungkapnya.

Adapun kegiatan pengmas yang berlangsung sejak Agustus hingga saat ini terbagi ke dalam lima kali pertemuan. Yaitu Pembukaan dan Pelatihan public speaking; Motivasi belajar; Kedisiplinan; Kesehatan pribadi; dan ditutup dengan ujian simulasi public speaking.

“Pada akhir kegiatan, setiap santri dinilai melalui simulasi public speaking sehingga kemampuan masing-masing santri dapat dipetakan,” ujar Istiadi.

Pendidikan karakter yang terdiri dari motivasi belajar, kedisiplinan, etika, serta kesehatan. Menurut Istiadi, pendidikan tersebut merupakan suatu pengetahuan yang sangat diperlukan oleh para santri di dalam menimba ilmu di pesantren maupun ketika mereka sudah berada dalam lingkungan masyarakat.

Kemampuan public speaking merupakan suatu kompetensi yang sangat diperlukan oleh para santri.

“Public Speaking ini dibutuhkan khususnya dalam menyampaikan ceramah-ceramah agama  atau pidato baik di lingkungan masjid maupun  masyarakat pada umumnya. Hal ini penting karena dengan kemampuan public speaking yang baik dan menarik, pesan-pesan yang disampaikan akan lebih cepat diterima masyarakat,” kata Istiadi yang merupakan Ketua Program Studi Administrasi Perkantoran di Vokasi UI. (rd/gun)

 

Jurnalis : M. Agung HR

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

neat laundry bersih maksimal

Neat Laundry Bersihnya Maksimal

BERSIH : Bagi yang tidak sempat mencuci pakaiannya, sekarang bisa mencuci bersih pakaian di Neat

Read More...
program idris kemajuan perempuan

Program Idris-Imam Bawa Kemajuan Perempuan

RELIGIUS : Paslon Nomor Urut 2 di Pilkada Depok bersama elit politik Koalisi TAS saat

Read More...
DKR berobat gratis pradi

Menangkan Pradi-Afifah, DKR Depok Sasar Kemiri Muka

SOSIALISASI : Ketua DKR Kota Depok, Roy Pangharapan didampingi Sekretaris Tim Pemenangan Pradi-Afifah, Ikravany Hilman

Read More...

Mobile Sliding Menu