Tokopedia Hingga Bukalapak Kini Pungut PPN untuk Produk Luar Negeri

In Ekbis dan Hiburan

logo DJP

 

RADARDEPOK,COM, JAKARTA –  Direktur Jenderal Pajak menunjuk sepuluh perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai Pemungut Pajak Pertambahan Nilai atas barang dan jasa digital yang dijual kepada pelanggan di Indonesia. Sepuluh pelaku usaha tersebut adalah:

  • Cleverbridge AG Corporation
  • Hewlett-Packard Enterprise USA
  • Softlayer Dutch Holdings B.V. (IBM)
  • PT com
  • PT Ecart Webportal Indonesia (Lazada)
  • PT Fashion Eservices Indonesia (Zalora)
  • PT Tokopedia
  • PT Global Digital Niaga (Blibli.com)
  • Valve Corporation (Steam)
  • beIN Sports Asia Pte Limited

Dengan penunjukan ini, maka sejak 1 Desember 2020 para pelaku usaha tersebut akan mulai memungut PPN atas produk dan layanan digital yang mereka jual kepada konsumen di Indonesia. Jumlah PPN yang harus dibayar pelanggan adalah 10 persen dari harga sebelum pajak, dan harus dicantumkan pada kuitansi atau invoice yang diterbitkan penjual sebagai bukti pungut PPN.

DJP terus mengidentifikasi dan aktif menjalin komunikasi dengan sejumlah perusahaan lain yang menjual produk digital luar negeri ke Indonesia untuk melakukan sosialisasi dan mengetahui kesiapan mereka sehingga diharapkan dalam waktu dekat jumlah pelaku usaha yang ditunjuk sebagai Pemungut PPN produk digital akan terus bertambah. Jumlah total yang ditunjuk sebagai Pemungut PPN hingga hari ini berjumlah 46 badan usaha.

Khusus untuk marketplace yang merupakan Wajib Pajak dalam negeri yang ditunjuk sebagai pemungut, maka pemungutan PPN hanya dilakukan atas penjualan barang dan jasa digital oleh penjual luar negeri yang menjual melalui marketplace tersebut.

Informasi lebih lanjut terkait PPN produk digital luar negeri, termasuk daftar pemungut, dapat dilihat di https://www.pajak.go.id/id/pajakdigital atau https://pajak.go.id/en/digitaltax (bahasa Inggris). (*)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ilustrasi dana pensiun

Skema Pencairan Uang Pensiun Akan Berubah, Berikut Usulannya

  RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Berkaitan dengan tata kelola program dana pensiun (dapen) untuuk PNS/ASN ataupun keseluruhan, Pemerintah berencana untuk merombak

Read More...
luhut ketemu donald trump

Luhut ke Amerika Ketemu Donald Trump, Apa yang Dibahas?

Menko Luhut Binsar Pandjaitan (tiga kiri) diterima Presiden AS Donald Trump (tengah) di Gedung Putih,

Read More...
imam budi bersama rocky gerung

Imam Optimis Tingkatkan APBD Depok Menjadi Rp 5 Triliun

DISKUSI : Calon Wakil Walikota Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat menjadi narasumber dalam

Read More...

Mobile Sliding Menu