Jumat, Februari 26, 2021
Beranda Metropolis Trash Hero Bawa Depok Go Internasional

Trash Hero Bawa Depok Go Internasional

0
Trash Hero Bawa Depok Go Internasional
PEDULI LINGKUNGAN : Anggota Tresh Hero dari kalangan anak-anak saat melakukan bebersih sungai Ciliwung yang dilakukan secara rutin. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK
trash depok bawa depok
PEDULI LINGKUNGAN : Anggota Tresh Hero dari kalangan anak-anak saat melakukan bebersih sungai Ciliwung yang dilakukan secara rutin. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Trash Hero Depok mencatatkan prestasi dikancah internasional, dengan raihan penghargaan “Break Free From Plastic’s Global Brand Audit 2020”.

Piagam tersebut diperoleh, karena pada September, pihak Break Free From Plastic’s Global mengadakan audit yang dilaksanakan diseluruh Dunia.

Ketua Trash Hero Depok, William Matakena menjelaskan, asal piagam tersebut, usai membersihkan Sungai Ciliwung bersama dengan seorang Siswa SMP bernama Edu.

“Jadi waktu saya melakukannya hanya dengan Edu. Dia masih kelas 3 SMP. Mendapatkan dua karung sampah yang kita pungut di sektiar sungai dan hasil sampah tersebut kami data dan diserahkan ke Trash Hero Indonesia,” ungkapnya kepada Radar Depok.

Kata dia, kegiatan membersihkan Sungai Ciliwung dan brand audit dilakukan dengan menerapakan protokol kesehatan Covid-19. Brand audit yang dimaskudnya ialah mengumpulkan sampah, lalu melalukan pendataan terkait dengan perusahaan atau produk penyumbang sampah itu.

Menurut William, Kota Depok yang dialiri Sungai Ciliwung, berpotensi menyumbang sampah ke laut sebanyak 60 persen. “Kegiatan bersih-bersih Sungai Ciliwung tidak mengundang kerumunan. Karena masih pandemi, jadi kami mengikuti protokol kesehatan yang ada,” ungkapnya.

Lebih lanjut, William mengajak Pemerintah dan stakeholder terkait untuk mendukung pergerakan yang dilakukannya. “Harus bekerjasama. Agar peduli dengan sampah. Terutama bagi generasi mendatang. Dalam kegiatan bersih-bersih itu kami juga melibatkan anak-anak karena bagian dari edukasi juga ke mereka,” tandasnya.

Untuk diketahui, Trash Hero adalah sebuah yayasan yang berdiri di Ceko tahun 2013. Salah satu kegiatan Trash Hero adalah mengumpulkan sampah-sampah di area umum agar area umum tetap bersih dari sampah. (rd/arn)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Pebri Mulya