UI dan COSMAX PHARMA Produksi Perangkat Medis Perangi Covid-19

In Pendidikan
produksi perankat medis
KERJASAMA : (ki-ka) Direktur DISTP Universitas Indonesia, Ahmad Gamal, dan Presiden Cosmax Pharma. FOTO : AGUNG/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP UI) berkolaborasi dengan COSMAX PHARMA, sebuah perusahaan Korea Selatan, untuk melakukan joint research terkait transfer teknologi dan produksi dalam negeri untuk produk PCR Machine RT Lamp, Reagent PCR, Rapid Test Antibody, dan Rapid Test Antigen.

Pembahasan kerja sama tersebut disampaikan dalam pertemuan yang berlangsung secara tatap muka dan virtual pada Selasa (03/11). Pertemuan dihadiri President COSMAX PHARMA, Jin Choi, Vice Presiden atau Research Director COSMAX PHARMA, Shin Seunghyun, serta perwakilan mitra di Indonesia, yaitu Tedy Leslie Kim. Dari pihak UI diwakili oleh Direktur DISTP, Ahmad Gamal.

Rencana pengembangan produk di dalam negeri ini akan sangat membantu para tenaga medis, serta masyarakat luas, untuk turut membantu dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda global. Wakil Rektor UI bidang Riset dan Inovasi, drg. Nurtami memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan penelitian ini.

“Sebagai sumbangsih bagi bangsa, kami berupaya mengerahkan tim ahli dan peneliti di lingkungan UI untuk bersama-sama mengembangkan produk kesehatan di tengah wabah yang melanda Indonesia dan dunia. Penanganan wabah COVID-19 adalah tanggung jawab bersama seluruh anak bangsa,” ujar Nurtami.

Penelitian ini melibatkan tim peneliti dan ahli dari Fakultas Kedokteran (FKUI), Fakultas Farmasi (FFUI), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UI), Fakultas Teknik (FTUI), serta melibatkan laboratorium yang ada di UI. Partisipasi seluruh pihak akan turut meningkatkan produk inovasi dalam negeri dan turut membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi yang mengancam semua elemen bangsa.

COSMAX PHARMA adalah salah satu unit bisnis COSMAX, merupakan perusahaan farmasi yang berorientasi pada riset dan pengembangan (R&D) dan didirikan pada tahun 2009 di Korea. COSMAX PHARMA telah memperoleh sertifikasi untuk Good Manufacturing Practices (GMP) farmasi, GMP perangkat medis, dan ISO 13485, memberikan kontribusi bagi kesehatan masyarakat dengan menghadirkan perangkat medis yang diproduksi dengan fasilitas manufaktur farmasi terkemuka.

Selain di Korea, unit bisnis COSMAX juga tersebar di beberapa negara, seperti Cina, Amerika Serikat, Australia, dan Thailand. Inisiasi untuk produksi COSMAX di Indonesia sendiri sudah dimulai sejak tahun 2013. (rd/gun)

 

Jurnalis : M. Agung HR

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

stadion ditutup sementara depok

Dua Stadion Depok Ditutup Sementara

TUTUP : Stadion Merpati sedang dilakukan perawatan dan pemeliharaan. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Stadion

Read More...
PMI donor darah ASN

PMI dapat Pasokan 17 Kantong Darah

DONOR DARAH : Salah satu ASN Kota Depok sedang melakukan donor darah di Gedung Baleka

Read More...
gerai baru optik ezia

Optik Ezia Resmikan Gerai ke Sembilan

RESMIKAN : Owner Ezia Optik, Herik saat memberikan sambutan di acara peresmian cabang ke-9 di

Read More...

Mobile Sliding Menu