Vokasi UI Gandeng Bursa Efek dan Indopremier Sekuritas

In Pendidikan
vokasi UI bursa efek
KOMPETISI NASIONAL : Vokasi UI gandeng Bursa Efek Indonesia dan Indopremier Sekuritas Gelar “Independence Capital Market Competition 2020”. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) melalui Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan, berkolaborasi dengan PT Bursa Efek Indonesia dan PT Indopremier Sekuritas, menggelar Kompetisi Nasional Pasar Modal “Independence Capital Market Competition 2020”.

Ajang ini merupakan bentuk nyata sinergi pendidikan tinggi vokasi dengan dunia industri agar mahasiswa memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar khususnya dalam hal investasi.

Sebagai puncak kompetisi, Vokasi UI menggelar acara Awarding Day Merdeka Investasi di Era New Normal pada Kamis (12/11). Hadir dalam acara tersebut Dr. Ahmad Saufi, Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (MITRAS DUDI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI; Padang Wicaksono, Wakil Direktur Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Vokasi UI; dan Hasan Fauzi, PT Bursa Efek Indonesia.

Direktur MITRAS DUDI Kemendikbud, Dr. Ahmad Saufi mengapresiasi terselenggaranya kompetisi ini sebagai terobosan pengembangan pendidikan vokasi. Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan peningkatan minat investasi di kalangan muda. Data pasar modal menunjukkan porsi investor didominasi oleh generasi milenial, yaitu sebanyak 60 persen.

“Cerdas berinvestasi dapat dikenalkan saat masa mahasiswa terutama guna menghadapi perubahan dimasa depan. Kegiatan ini mampu mengasah skill mahasiswa dalam mengelola keuangan dan menjadikan investasi sebagai wahana menarik bagi generasi muda. Selain itu, skill ini mampu membangun jiwa kewirausahaan dan ide bisnis untuk menciptakan lapangan kerja minimal bagi diri sendiri,” ujarnya.

Ahmad Saufi juga mengatakan kegiatan kemitraan dengan industri mampu mewujudkan link and match antara kebutuhan dunia kerja dengan kampus sebagai pencetak lulusan siap kerja.

Lebih lanjut, Padang Wicaksono, menjelaskan bahwa kompetisi nasional ini adalah bagian dari kegiatan Program Penguatan Humas Kemitraan Industri, Dunia Usaha, dan Dunia Kerja (IDUKA).

“Dengan mengelola kompetisi bersama dengan BEI, mahasiswa belajar tentang aspek-aspek penting investasi, saat berkompetisi mereka pun semakin mendalami bagaimana pasar modal bergerak dan bekerja. Maka diharapkan saat lulus dari prodi Administrasi Keuangan dan Perbankan, para mahasiswa fresh graduate tidak lagi gagap dan mudah beradaptasi,” katanya. (rd/gun)

 

Jurnalis : M. Agung HR

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

pradi dan afifah bersama sama

Pradi-Afifah Jawaban Pemuda Depok

SOLID : Paslon Walikota dan Wakil Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna-Afifah Alia. FOTO :

Read More...
idris dan imam bersama sama

Program Idris-Imam Disambut Positif Masyarakat

PENGALAMAN : Paslon Walikota dan Wakil Walikota Nomor Urut 2, Mohammad Idris dan Imam Budi

Read More...
entrepreneur perempuan 1

Lebih Dekat dengan Entrepreneur Perempuan, Architia : Awalnya Pingin Laptop, Manfaatkan Dropship dan Instagram (1)

OWNER : Pendiri Hoodieku, Architia saat ditemui di offline store Hoodieku, Jalan Jawa Kelurahan Cinere,

Read More...

Mobile Sliding Menu