foto vokasi UI
DARING: Program Pendidikan Vokasi UI melalui Program Studi Administrasi Perpajakan, meluncurkan aplikasi E-Taxaction New Generation (NG) dilaksanakan secara daring, pada Selasa (24/11). FOTO : UI FOR RADAR DEPOK
foto vokasi UI
DARING : Program Pendidikan Vokasi UI melalui Program Studi Administrasi Perpajakan, meluncurkan aplikasi E-Taxaction New Generation (NG) dilaksanakan secara daring, pada Selasa (24/11). FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) melalui Program Studi Administrasi Perpajakan, meluncurkan aplikasi E-Taxaction New Generation (NG), sebuah aplikasi digital yang menyediakan fitur konsultasi pajak gratis, dan ruang belajar pajak gratis yang diperuntukkan bagi masyarakat, khususnya para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Soft launching dan simulasi E-Taxaction NG dilaksanakan secara daring, pada Selasa (24/11).

Founder Aplikasi E-Taxaction NG, Thesa Adi Purwanto menuturkan, pengembangan aplikasi ini bekerja sama dengan Jakarta Cyber Soft, sebuah startup company di bidang teknologi. Pada tahap awal, menurut Thesa, aplikasi ini menyediakan dua fitur utama yaitu ruang belajar dan konsultasi pajak gratis.

“Pada menu ruang belajar, para pengguna dapat memilih topik yang diminati, misalnya materi tentang Pelaporan Pajak UMKM. Pada fitur konsultasi pajak, wajib pajak akan memperoleh konsultasi gratis serta asistensi pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan Orang Pribadi,” ungkapnya.

Ketua Program Studi Administrasi Perpajakan, yang juga merupakan founder Taxaction, Arie Widodo, atau kerap disapa Dodo, mengatakan aplikasi ini merupakan pengembangan dari program Taxaction, layanan konsultasi pajak gratis yang telah dilakukan oleh sivitas akademika Vokasi UI, sejak 2013.

“Dengan adanya aplikasi E-Taxaction NG, maka kami dapat memberikan pelayanan setiap saat sesuai kebutuhan wajib pajak. Sebelumnya, sejak tahun 2013, kami telah memberikan konsultasi gratis secara door to door ke wajib pajak yang ada di UMKM, perusahaan maupun rekan-rekan profesi dosen di UI. Namun, karena pandemi Covid-19, akhirnya kami berupaya membuka akses tanpa batas, secara mobile melalui aplikasi ini,” kata Dodo.

Dodo menambahkan, bahwa skema relawan pajak Taxaction Vokasi UI, telah memperoleh apresiasi dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani, sebagai role model relawan pajak 2018. Ia menyebutkan, program Taxaction Vokasi UI telah berhasil melayani 20,384 wajib pajak orang pribadi dan 12 wajib pajak badan. Program Taxaction Vokasi UI juga bekerja sama dengan 844 relawan pajak sejak tahun 2013.

Wakil Direktur Vokasi UI, Antony Sihombing mengatakan,  aplikasi ini merupakan salah satu bentuk inovasi Vokasi UI yang manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.