Minggu, Februari 28, 2021
Beranda Metropolis 1.642 Warga Depok Terdampak Bencana

1.642 Warga Depok Terdampak Bencana

0
1.642 Warga Depok Terdampak Bencana
EVAKUASI BENCANA : Relawan PMI Depok bersama jajaran serta relawan lain saat bergotong royong mengangkat material puing longsor yang terjadi di salah satu di kawasan Kota Depok. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK
warga depok terdampak bencana
EVAKUASI BENCANA : Relawan PMI Depok bersama jajaran serta relawan lain saat bergotong royong mengangkat material puing longsor yang terjadi di salah satu di kawasan Kota Depok. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

DEPOK Sepanjang 2020 sejumlah bencana terekam dalam berkas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok. Tercatat, ada sebanyak 1.642 jiwa warga Depok terdampak bencana, kurun 1 Januari 2020 hingga 8 Desember 2020.

Kepala Markas PMI Kota Depok, Imron Maulana menerangkan, setidaknya ada 39 bencana yang terjadi. Terparah, banjir di Kecamatan Bojongsari yang menyasar 420 jiwa.

“Itu tepatnya tanggal 18 maret lalu, karena meluapnya Kali Pesanggrahan yang merendam puluhan rumah. Air sampai ketinggian satu meter. Ada sekitar 10 orang yang mengungsi saat itu dan 30 rumah rusak karena terendam,” ungkapnya kepada Radar Depok, Senin (29/12)

Lalu, dilanjutkan Imron, Banjir besar kedua yang melanda Depok terjadi di Kecamatan Cilodong, yang berdampak hingga 360 orang atau sebanyak 153 Kepala Keluarga (KK). Terjadi pada 15 Februari.

“Saat itu kami juga menyuplai air bersih bekerjasama dengan berbagai pihak, sebanyak 6.000 liter air,” bebernya.

Yang tak kalah menyita perhatian, lanjut dia, banjir di Kecamatan Cinere. 44 rumah rusak karena terendam. Peristiwa terjadi pada 1 Januari 2020. Akibatnya sekitar 130 jiwa terkena dampak.

“kejadian itu, ada sekitar 30 jiwa mengungsi, karena rumahnya terendam banjir. Dievakuasi petugas demi keamanan,” paparnya.

Tak hanya banjir yang membawa dampak besar bagi, namun longsor juga membawa dampak bagi masyarakat. Sejumlah masyarakat harus rela mengungsi ke kediaman rekan atau saudara, meski tidak ada korban jiwa tapi kerugian materil sangat berdampak luar biasa.

“Selain itu, ada banyak catatan puting beliung yang juga melanda Depok, tapi masih kondusif. Yang terpenting tidak memakan korban jiwa,” ungkap Imron.

Karena hampir sepanjang 2020 dilanda pandemi covid 19, logistik penyaluran bantuan yang paling terbanyak adalah masker. Sebanyak 720 masker diberikan kepada warga yang terdampak bencana.