Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini
Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini
Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini
Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini menyatakan bantuan sosial (bansos) bagi warga yang terdampak virus Korona (Covid-19) akan disalurkan pada 4 Januari 2021, khusus daerah DKI Jakarta yang diberikan sembako akan diubah menjadi bantuan langsung tunai (BLT).

“Untuk wilayah Jabodetabek yang tahun ini menggunakan skema sembako, bantuan berupa sembako akan diubah menjadi bantuan langsung tunai yang nanti akan diantar oleh tenaga dari PT Pos ke rumah. Jadi tidak perlu datang ke kantor pos karena kita khawatirkan nanti timbul kerumunan,” kata Muhadjir seusai keduanya mengikuti rapat terbatas dengan topik ‘Persiapan Penyaluran Bantuan Sosial Tahun 2021’ yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Mensos Risma mengatakan, pihak Kementerian Sosial (Kemensos) melanjutkan kerjasama dengan PT Pos Indonesia sebagai penyalur BLT.

“Dengan PT Pos mulai disalurkan pada 4 Januari (2021). Kita harap dalam satu minggu bisa selesai di seluruh Indonesia tapi memang ada yang khusus, di Papua berbeda,” kata Risma.

Sejumlah bantuan yang akan disalurkan antara lain adalah:

Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Bantuan ini untuk 18,8 juta penerima dengan indeks penerima manfaat adalah Rp200.000 per bulan untuk Januari sampai dengan Desember.

Program Bantuan Sosial Tunai (BST)

Tahun depan, pada 2021 ditargetkan untuk 10 juta orang penerima termasuk di Jabodetabek yang disalurkan oleh PT Pos Indonesia dengan indeks bantuan per bulannya adalah Rp300.000 bagi setiap penerima manfaat pada Januari-April 2021.