Beranda Satelit Depok 40 Warga Mekarjaya Olah Limbah Jadi Eco Enzyme

40 Warga Mekarjaya Olah Limbah Jadi Eco Enzyme

0
40 Warga Mekarjaya Olah Limbah Jadi Eco Enzyme
DIBINA: 40 Warga Kelurahan Mekarjaya dilatih memilah sampah rumah tangga menjadi teknologi Eco Enzyme di Aula Kantor Kelurahan Mekarjaya, Jumat (04/12). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK
mekarjaya olah limbah
DIBINA : 40 Warga Kelurahan Mekarjaya dilatih memilah sampah rumah tangga menjadi teknologi Eco Enzyme di Aula Kantor Kelurahan Mekarjaya, Jumat (04/12). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, MEKARJAYA – Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan (P4S) melatih 40 Warga Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya untuk memilah sampah rumah tangga menjadi teknologi Eco Enzyme menjadi produk berdaya jual, Jumat (04/12).

Sebanyak 40 warga dari berbagai unsur masyarakat turut memenuhi Aula Kantor Kelurahan Mekarjaya dalam kegiatan swadaya yang diinisiasi oleh P4S.

Narasumber pada kegiatan ini, Eramida Miranti menerangkan salah satu mengolah sampah menjadi beragam produk bermanfaat berdaya jual, salah salah satunya Eco Enzyme.

“Eco Enzyme merupakan cairan serba guna dari olahan sampah yang manfaatnya banyak banget, contohnya bisa untuk pupuk, obat gatal, dan lainnya,” terangnya kepada Radar Depok, Kamis (04/12)

Menurutnya, UMKM sebagai penyumbang sampah organik terbanyak, tentu para pelaku harus memikirkan limbah hasil usaha.

“Bagaimana mereka mendaur ulang sampah dengan benar, sampah ini black gold. Sumber daya yang kalau kita daur ulang dengan benar akan menghasilkan,” bebernya.

Ditempat yang sama, Ketua P4S Kota Depok, Rudi Murodi mengatakan, dengan Eco Enzyme ini diharapkan dapat mengurangi global warming (pemanasan global). Cara kerjanya dengan mengolah  sampah organik, seperti sisa buah dan sayuran menjadi cairan multiguna dengan mengolah dan difermentasi.

“Hasil dari fermentasi limbah tersebut,¬† bisa dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan, seperti rumah tangga, pertanian, dan peternakan, berupa pupuk alami dan pestisida yang efektif,” katanya.