satpam UPN negatif
UPN SEHAT : Salah seorang petugas kebersihan di lingkungan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, sedang menjalani rapid test. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK
satpam UPN negatif
UPN SEHAT : Salah seorang petugas kebersihan di lingkungan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, sedang menjalani rapid test. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Tak ingin kampusnya disusupi Virus Korona (Covid-19). Jumat (11/12), sedikitnya 75 petugas kebersihan di lingkungan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, menjalani Rapid Test secara gratis.

Ketua Tim Rapid Test dari Fakultas Kedokteran, Dr Mila Citrawati menegaskan, petugas kebersihan merupakan tenaga yang peranannya penting, untuk mengendalikan penularan covid-19. Hal itu, mengingat pekerjaan mereka yang beresiko tinggi tertular dan menularkan virus melalui fasilitas umum.

“Itu sebabnya, kami mengadakan rapid test gratis untuk 75 tenaga cleaning servis. Nantinya, juga akan rapid test lanjutan untuk tenaga pengajar,” jelasnya kepada Radar Depok, Jumat (11/12).

Kegiatan yang diinisiasi Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta ini dirasa cukup membantu. Khususnya, bagi tenaga kebersihan yang keberatan untuk melakukan pemeriksaan rapid test. Karena harga yang terbilang mahal untuk kantong.

“Alhamdulilah semua hasilnya non reaktif, berarti masih aman sejauh ini. Semua juga tidak ada yang menolak di rapid test,” ungkapnya.

Meski begitu, dibeberkan Mila, ada salah satu petugas kebersihan yang ketakutan dan khawatir ketika pengambilan darah. Setelah itu, wajah petugas tersebut nampak pucat dan mengeluh pusing serta mau pingsan sebab tak dapat mengontrol ketakutannya.

“Tapi setelah beristirahat, semua kembali normal. Pekerja itu sudah sehat dan mulai bekerja kembali,” katanya.

Tim Kedokteran UPN bersama dengan tenaga kesehatan yang terjun, diantaranya, dr Erna Harfiani, dr Sekar Dorodjati dan dr Tuty Rizkianti, Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, sejak pukul 10:00 WIB hingga 12:00 WIB.

Sementara, salah satu petugas kebersihan yang mengikuti Rapid Test, Esti Sukamawati merasa bersyukur dengan adanya kegiatan rapid test gratis, yang diadakan tempat kerjanya ini. Hal tersebut membuatnya mengetahui kondisi kesehatanya terkini.