upacara bendera merah putih
ILUSTRASI
upacara bendera merah putih
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM – Panjang perjalanan Lagu Indonesia Raya yang diciptakan Wage Rudolf Supratman yang ternyata unik.

Indonesia Raya yang selalu diperdengarkan dan dinyanyikan saat acara kenegaraan dan setiap kali peringatan HUT Kemerdekaan RI, pernah dilarang oleh pemerintah Belanda dinyanyikan, karena syairnya dianggap bisa membangkitkan semangat perlawanan.

Berikut adalah enam fakta unik dalam sejarah terciptanya lagu Indonesia Raya.

1. Diciptakan dari sebuah tantangan

Kala itu sebuah majalah bernama Timbul menantang ahli-ahli musik Indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan. Lalu, Wage Rudolf Supratman atau yang kini kita kenal sebagai W.R Supratman menciptakan lagu Indonesia Raya.

Lelaki yang berprofesi sebagai seorang wartawan di koran Sin Po ini kemudia menciptakan lagu tersebut karena jiwa nasionalisme yang tinggi. Hingga pada 1924, lahirlah lagu Indonesia Raya.

2. Dibawakan pertama kali di Kongres Pemuda II

Instrumental lagu tersebut pertama kali dibawakan dalam Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928, yang kelak dikenal sebagai cikal bakal Hari Sumpah Pemuda.

Awalnya, W.R Supratman ditugaskan untuk meliput jalannya Kongres Pemuda II, di kesempatan tersebut Ia pun menyebarkan salinan lagu itu kepada para pimpinan organisasi pemuda.

Pemimpin kongres saat itu, Sugondo, mengizinkannya membawakan lagu tersebut pada jam istirahat. Tapi ia meminta W.R Supratman membawakan lagu tersebut dengan instrumen biola saja, karena khawatir liriknya lagu tersebut bisa membuat pemerintah memboikot acara kongres.