Senin, Maret 8, 2021
Beranda Pendidikan Banyak Peluang Bisnis UMKM Saat Pandemi

Banyak Peluang Bisnis UMKM Saat Pandemi

0
Banyak Peluang Bisnis UMKM Saat Pandemi
ONLINE : Pelatihan online mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu bagi pegiat UMKM di DIY oleh Tim Pengabdian Masyarakat Vokasi UI. FOTO : NAILUL MONA FOR RADAR DEPOK
peluang bisnis UMKM
ONLINE : Pelatihan online mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu bagi pegiat UMKM di DIY oleh Tim Pengabdian Masyarakat Vokasi UI. FOTO : NAILUL MONA FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dosen Program Studi Periklanan Kreatif Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI), Nailul Mona mengatakan, UMKM dapat tetap bertahan di kala pandemi. Asal dapat berinovasi dan menyesuaikan diri. Yaitu dengan memahami dan menyediakan apa yang dibutuhkan masyarakat.

Saat pandemi Covid-19, masyarakat banyak menghabiskan waktunya di rumah. Untuk mengusir kebosanan, masyarakat cenderung mencari hobi dan kesibukan baru. Misalnya dengan memelihara ikan hias seperti ikan cupang.

“Peluang ini dapat ditangkap oleh UMKM dengan menyediakan sarana dan penunjang bagi hobi baru ini,” jelas perempuan yang memiliki titel S.I.Kom., M.Si.

Selain itu, kata dia, pandemi dan pembatasan sosial juga membuat banyak orang khawatir pergi keluar rumah, namun tetap ingin dapat menikmati hidangan lezat. Kondisi demikian memunculkan peluang bagi UMKM di bidang kuliner untuk menyediakan makanan sekaligus layanan pesan antar.

Hal ini terungkap saat pelatihan online mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu bagi pegiat UMKM di DIY oleh Tim Pengabdian Masyarakat Vokasi UI. Tidak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 menimbulkan keresahan bagi banyak pelaku UMKM, termasuk di DIY.

Permasalahan umum UMKM di Indonesia adalah minimnya sumber pembiayaan dan SDM, pengelolaan usaha yang sederhana dan minim teknologi, minim akses pemasaran, serta variasi produk yang kurang beragam. Dan kini UMKM harus menghadapi pandemi yang turut mempengaruhi perekonomian Indonesia.

“Pemerintah telah turun tangan dengan memberikan Banpres Produktif atau BLT bagi UMKM. Namun pemberian bantuan ini tentu harus diimbangi dengan penerapan strategi pemasaran yang baik oleh UMKM,” ujarnya kepada Radar Depok, Minggu (27/12).