resesi indonesia korona

resesi indonesia korona

 

RADARDEPOK.COM – Kekuatan ekonomit tersebesar, kemungkinan akan bergeser di tahun 2028. Selama ini, Amerika Serikat yang mendominasi ekonomi dunia, akan tergantikan oleh China.

Prediksi ini dibuat seiring dengan keberhasilan China dalam menanggulangi pandemi Covid-19 dengan lebih baik ketimbang dari AS.

Prediksi ini dibuat oleh Centre for Economics and Business Research (CEBR) dalam riset terbarunya, World Economic Table League dari 197 negara. Lembaga ini melihat bahwa kebijakan yang diambil China membuat negara itu cepat lepas dari genggaman pandemi.

Sementara itu, penilaian terhadap AS, penanggulangan pandemi dinilai masih merupakan sebuah tanda tanya yang tak pasti tentang kapan berakhirnya.

“Ekonomi terbesar dan terbesar kedua di dunia akan bertukar tempat dalam dolar pada 2028,” tulis laporan itu.

Prediksi ini lebih cepat 5 tahun dari para perkiraan analis sebelumnya. Menurut laporan itu Negeri Tirai Bambu akan menjadi ekonomi berpenghasilan tinggi pada tahun 2023.

China telah menetapkan pertumbuhan ekonomi rata-rata 5,7 persen setahun dari 2021-2025 sebelum pertumbuhan ekonominya melambat menjadi 4,5 persen setahun dari 2026-30.

Sementara AS kemungkinan akan mengalami rebound yang kuat pascapandemi pada tahun 2021, pertumbuhannya akan melambat menjadi 1,9 persen per tahun antara 2022 dan 2024, dan kemudian menjadi 1,6 persen setelah itu.

Jepang akan tetap menjadi ekonomi terbesar ketiga di dunia, dalam dolar, hingga awal 2030-an ketika akan diambilalih oleh India, mendorong Jerman turun dari peringkat keempat menjadi kelima.

Inggris Raya, yang saat ini merupakan ekonomi terbesar kelima menurut ukuran CEBR, akan turun ke posisi keenam mulai tahun 2024.