DKPP harus jadi pelopor
NARASUMBER : Disaksikan Anggota DKPP, Didik Supriyanto (Kiri), pengamat politik UI, Widyaningsih dan wartawan Depok, GM Radar Depok, Iqbal Muhammad menunjukan Koran Radar Depok dalam acara Ngetren Media yang diselenggarakan DKPP di Kota Depok, Senin (07/12). FOTO : DOK. DKPP

 

Pada kesempatan tersebut, Iqbal Muhammad  menyampaikan bahwa media memiliki peran besar dalam mendorong peningkatan partisipasi pemilih dan memberikan pendidikan politik kepada pembacanya.

“Karena media membantu penyelenggara menginformasikan tahapan, hingga tanggal pencoblosan dan juga Paslon yang berlaga di Pilkada,” kata Iqbal.

Namun, sambung Iqbal,  bahwa bagi media,  Pilkada adalah ujian profesionalitas, integritas dan independensi. Sebab, media sendiri harus memenuhi dan memegang teguh kode etik jurnalistik.

“Radar Depok sampai saat ini mencoba terus berimbang. Bagian dari upaya kami dalam menciptakan karya jurnalistik, buat kami bagaimana menyampaikan sosialisasi KPU, gagasan-gagasan peserta Pilkada agar masyarakat dapat menilai calon pemimpin mereka” sambung Iqbal.

Bagi media, menjaga profesionalitas, integritas dan independensi adalah sesuatu yang penting. Namun, dilihat dari sisi bisnis, Pilkada bagi media adalah momen untuk mendapatkan keuntungan tambahan dari sebuah pesta demokrasi.

“Tapi media pun, menyelaraskan antara bisnis dan kode etik tersebut agar berjalan beriringan, tanpa mengorbankan profesionalitas, integritas dan independensi,” pungkasnya. (rd/cky)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya