Beranda Pendidikan Edukasi Bencana Siswa SD di Tengah Pandemi

Edukasi Bencana Siswa SD di Tengah Pandemi

0
Edukasi Bencana Siswa SD di Tengah Pandemi
PEMENANG: Pemenang Drawing Competition tingkat SD Kota Depok, yang digelar oleh Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL-UI), dalam Pengabdian Masyarakat dengan skema Aksi UI untuk Negeri. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK
juara drawing book UI
PEMENANG : Pemenang Drawing Competition tingkat SD Kota Depok, yang digelar oleh Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL-UI), dalam Pengabdian Masyarakat dengan skema Aksi UI untuk Negeri. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL-UI) mengadakan Pengabdian Masyarakat, dengan skema Aksi UI untuk Negeri (Go-Green) yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan transformasi kesadaran, komitmen, kemauan, pengetahuan, keterampilan dan afeksi para siswa Sekolah Dasar (SD) mengenai bencana yang juga berimplikasi pada persampahan daerah. Pentingnya kesadaran anak usia dini untuk cinta lingkungan menjadi latar belakang diadakannya kegiatan.

Giat diadakan pada 2 sesi, yaitu 21 dan 28 November 2020 secara daring dengan total keterlibatan peserta 115 murid-murid dari SD negeri dan swasta yang terdaftar di Kota Depok. Bentuk kegiatan berupa Webinar menggunakan platform Zoom Meeting.         Pengisi kegiatan adalah Kasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Bidang SD Disdik Kota Depok, Wawang Buang, Kaprodi Ilmu Lingkungan UI, Hayati Sari, Kasubdit Pengurangan Risiko Bencana BNPB, Novi Kumalasari, serta perwakilan Satgas Covid-19, Hidayani Fazriah. Moderator acara seminar daring adalah Regina Septiarini dan Firli Rahman yang merupakan mahasiswa Ilmu Lingkungan UI.

Materi kebencanaan banjir, longsor, serta Covid-19 bagi anak-anak diberikan secara interaktif sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan para peserta. Kemudian para murid SD juga diberikan gambaran keadaan sampah yang menjadi permasalahan utama di Kota Depok. Hal tersebut kerapkali dihubungkan dengan kejadian banjir yang terjadi.

Selain Webinar, SIL-UI juga mengadakan Drawing Competition tingkat SD bagi peserta. Dengan tema Mari Jaga Lingkungan yang sangat relevan dengan isu kerusakan lingkungan, maka terpilih sebanyak enam karya terbaik yang keluar sebagai pemenang kompetisi.

“Melihat antusiasme yang tinggi dari anak-anak dalam kegiatan, maka harapannya tingkat awareness mereka bertambah dan dapat berbuat nyata sejak di lingkungan terkecil yaitu keluarga secara berkelanjutan,” ungkap Kaprodi Ilmu Lingkungan UI, Hayati Sari. (rd/gun)

 

Pemenang Lomba :

Juara 1 : Faiza Azkia Ashabi (SDIT Al Haraki Depok)

Juara 2 : Alif Nashri (SDIT Bina Insan Kamil Depok)

Juara 3 : Akhtar Dhiaurrahman (SDN Tugu 10 Cimanggis Depok)

Harapan 1 : Catherine Jovanka Pasaribu (SD Mardi Yuana Depok)

Harapan 2 : Kishisay Phangestu Sihombing (SD Mardi Yuana Depok)

Harapan 3 : Rahmadinah Mecca Almeirahani (SDIT Al Hamidiyah Depok)

 

Jurnalis : M. Agung HR

Editor : Pebri Mulya