Sabtu, Februari 27, 2021
Beranda Satelit Depok FKUI Edukasi Masyarakat di Tengah Pandemi

FKUI Edukasi Masyarakat di Tengah Pandemi

0
FKUI Edukasi Masyarakat di Tengah Pandemi
PROTOKOL KESEHATAN : Warga sedang menggunakan alat pencuci tangan pemberian FKUI sebagai upaya menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
FKUI edukasi masyarakat
PROTOKOL KESEHATAN : Warga sedang menggunakan alat pencuci tangan pemberian FKUI sebagai upaya menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, BEJI – Menjaga kesehatan lansia di masa pandemi Covid-19 sangatlah penting, terutama bagi yang memiliki penyakit diabetes dan hipertensi. Hal ini karena,  menurut penelitian penyakit diabetes dan hipertensi merupakan komorbiditas untuk penyakit Covid-19.

Tentunya fakta ini menimbulkan kekhawatiran dan banyak sekali pertanyaan diantara pasien lansia yang memiliki peyakit diabetes dan hipertensi; Apakah mereka dapat hidup sehat berdampingan dengan situasi pandemi Covid-19 dan bagaimana, serta apa saja yang harus dilakukan agar lansia dengan diabetes dan hipertensi tetap sehat dan bugar selama pandemi Covid-19.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Departemen Ilmu Farmasi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dengan dukungan Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia (DPPM UI) melakukan kegiatan Zoom Webinar Pengabdian Masyarakat (Pengmas) 2020 dengan judul Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19 pada Lansia dengan Diabetes dan Hipertensi.

Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat  FKUI, Rani Wardani Hakim mengatakan Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang memadai kepada lansia dan keluarga lansia dengan diabetes dan hipertensi agar mereka tetap dapat hidup sehat dan bugar selama masa pandemi Covid-19.

Dalam kegiatan webinar tersebut, ucap Rani, dr. Tri Juli memaparkan mengenai serba serbi penyakit diabetes dan hipertensi pada lansia; serta bagaimana menjaga kedua penyakit tersebut tetap terkontrol selama masa pandemi Covid-19. Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan yang sangat menarik dari Prof Erni terkait penggunaan herbal yang dapat dikonsumsi dengan aman oleh lansia untuk mencegah penyakit Covid-19. Kegiatan webinar ini diikuti oleh 119 orang peserta lansia/keluarga lansia dengan diabetes dan hipertensi di platform Zoom.

“Para peserta hadir dari dari berbagai komunitas di seluruh penjuru Indonesia dan sangat antusias mengajukan pertanyaan kepada narasumber pada sesi tanya jawab. Kegiatan ditutup dengan menguji pemahaman peserta melalui kuis Kahoot dan peserta yang beruntung mendapatkan souvenir dari panitia,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, sebelum dimulai,  kegiatan ini dipromosikan melalui platform media sosial Whatsapp, Instragram dan Facebook serta mendapatkan tanggapan masyarakat yang sangat baik sekali. Para peserta yang hadir di platform Zoom mendapatkan sertifikat kegiatan dengan desain yang menarik dan dikirim melalui nomer whatsapp atau alamat email masing masing.