Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

 

RADARDEPOK.COM – Dari daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia versi Majalah Forbes, dua perempuan Indonesia masuk dalam daftar.

Pertama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang sudah masuk ke daftar tersebut berkali-kali./

Kedua, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. Berikut penjelasan lengkap tentang kedua Srikandi tersebut dalam list Forbes.

Sri Mulyani posisi 78

Dalam situs resmi Forbes Sri Mulyani menduduki posisi ke-78. Sri Mulyani sebelumnya menjabat sebagai direktur pelaksana Bank Dunia. Kemudian kembali menjadi Menteri Keuangan di kabinet Presiden Joko Widodo.

Sebagai menteri keuangan Sri Mulyani berupaya meningkatkan pendapatan negara dengan mereformasi perpajakan hingga memperluas layanan e-filing serta meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Tahun lalu Sri Mulyani juga menerima penghargaan sebagai Menteri Terbaik di World Government Summit. Saat bekerja di Bank Dunia, dia juga melakukan kampanye untuk kesetaraan gender.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini pertama kali masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh pada tahun 2008. Saat itu dia menduduki peringkat ke-23 di dunia. Kemudian 2009 dia menduduki posisi ke 71. Lalu di tahun 2011 peringkatnya naik ke posisi ke-63.