Beranda Utama Kejutan! Pensiunan PNS Dapat Uang Banyak di Akhir Desember 2020, Begini Cara Mencairkannya

Kejutan! Pensiunan PNS Dapat Uang Banyak di Akhir Desember 2020, Begini Cara Mencairkannya

0
Kejutan! Pensiunan PNS Dapat Uang Banyak di Akhir Desember 2020, Begini Cara Mencairkannya
ILUSTRASI
ilustrasi uang pensiun banyak
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM – Akhir Desember 2020, dijadwalkan akan ada pencairan uang dengan nominal banyak dari Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) untuk pensiunan PNS.

Bagi pensiunan PNS atau ahli waris PNS yang telah meninggal dunia, dana Taperum (Tabungan Perumahan) akan dikembalikan dalam bentuk uang tunai.

Berdasarkan dengan Peraturan Pemerintah (PP) 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat, BP Tapera telah menunjukkan kesiapan guna mengelola dana PNS dalam bentuk Taperum.

Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera, Eko Ariantoro menjelaskan, pihaknya telah melakukan sosialisasi pencarian secara masif.

“Total, ada sebanyak dua kali sosialisasi yang telah kami gelar, pertama, Senin 23 November 2020, kami sosialisakan ke para Pemerintah Daerah dan yang kedua, tepat Selasa 24 November 2020 sosialisasi diikuti oleh perwakilan ASN maupun PNS dari 81 Kementerian dan Lembaga,” ujar Eko.

BP Tapera akan mengembalikan dana Taperum yang sebelumnya telah dikelola oleh BP Tapera.

Komitmen BP Tapera itu berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 122/PMK.05/2020 tentang Tata Cara Pengalihan dan Pengembalian Dana Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil.

Beleid tersebut menjelaskan, BP Tapera akan membuka rekening giro pada bank yang sama, dengan tiap-tiap bank tempat menyimpan dana Taperum untuk menerima pengalihan dana tersebut.

Selain itu, pengembalian dana juga dilakukan BP Tapera kepada Pensiunan LNS atau Ahli Waris PNS yang bersangkutan telah meninggal dunia.