ketinggian gunung everest
Gunung Everest
ketinggian gunung everest
Gunung Everest

 

RADARDEPOK.COM – Gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest ketinggiannya bertambah 86 centimeter dibanding angka ketinggian resmi yang tercatat sebelumnya. Tinggi gunung tersebut kini 8.848,86 meter.

Ada perbedaan pandangan tentang ketinggian Gunung Everest versi China dan Nepal. Hal itu berdasarkan faktor ketebalan salju di pundak Gunung Everest saat menghitung ketinggian.

Otoritas China sebelumnya mengukur tinggi Everest 8.844,43 meter, empat meter lebih rendah dari ketinggian resmi yang dicatat oleh Nepal.

Everest berdiri di perbatasan antara China dan Nepal dan pendaki gunung bisa mendaki dari kedua sisi.

Pejabat di Kementerian Luar Negeri Nepal dan Departemen Survei merilis tim pemantau dari kedua negara telah berkoordinasi untuk menyetujui ketinggian baru.

Kesepakatan untuk bersama-sama mengumumkan angka resmi ketinggian titik tertinggi Bumi itu dibuat selama kunjungan Presiden China Xi Jinping ke ibu kota Nepal, Kathmandu tahun lalu.

Mengapa ada perbedaan ketinggian resmi antara China dan Nepal?

Sebelumnya, pihak berwenang China mengatakan ketinggian Gunung Everest diukur hingga ketinggian bebatuannya saja. Hal itu berbeda dengan pihak berwenang Nepal, yang berpendapat salju di puncak harus dimasukkan dalam mengukur ketinggian.

Para surveyor China telah menghitung angka ketinggian Everest setelah pada 2005.

Pejabat pemerintah Nepal mengatakan kepada BBC pada tahun 2012 bahwa mereka berada di bawah tekanan dari China untuk menerima angka tinggi resmi Everest yang telah dirilis oleh China.

Mereka kemudian memutuskan untuk melakukan pengukuran baru untuk menetapkan angka ketinggian sekali untuk selamanya.