tulisan komnas ham

tulisan komnas ham

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengaku menemui titik terang terkait kasus penembakan yang menewaskan enam anggota Front Pembela Islam (FPI) saat mengawal Rizieq Shihab.

Temuan tersebut diperoleh setelah Komnas HAM melakukan pendalaman di tempat kejadian perkara (TKP) Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 50.

Komisioner Komnas HAM, Khoirul Anam, mengatakan, pihaknya telah mendalami lokasi kejadian selama dua hari. Hasilnya, kata dia, Komnas HAM semakin mendapatkan titik terang.

Sebelumnya, kata Anam, Komnas HAM juga sudah mendengarkan kesaksian dan beberapa keterangan dari sejumlah pihak terkait kasus penembakan tersebut.

“Saat ini tim lagi melakukan pendalaman hasil dari olah TKP kemarin. Puzzle terangnya peristiwa tersebut semakin detail kami dapatkan,” kata Anam.

Setelah mendapatkan sejumlah temuan di lapangan, Anam mengatakan, pihaknya berharap semakin banyak menemukan fakta yang diperoleh, sehingga kasus tersebut menjadi terang.

Lebih lanjut, Anam mengatakan, Komnas HAM diundang oleh tim gabungan Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya untuk menghadiri rekonstruksi kasus penembakan enam anggota FPI.

Namun demikian, Komnas HAM tak bisa menghadiri rekonstruksi tersebut. Hal itu, kata Anam, karena pihaknya sedang konsolidasi temuan sementara penyelidikan untuk kasus yang sama.

“Saya dan tim sedang mengkonsolidasi temuan sementara penyelidikan dari berbagai sumber,” kata Anam.