kampung ODF kota depok
DEKLARASI: Walikota Depok, Mohammad Idris bersama lima lurah mendeklarasikan kelurahan ODF, di Balaikota Depok, Selasa (29/12). FOTO : ISTIMEWA
kampung ODF kota depok
DEKLARASI : Walikota Depok, Mohammad Idris bersama lima lurah mendeklarasikan kelurahan ODF, di Balaikota Depok, Selasa (29/12). FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berbenah. Selasa (29/12), lima kelurahan mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan, di Balaikota Depok. Bertambahnya ODF ini, artinya sudah 17 kelurahan berstatus ODF sepanjang 2020.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, ODF merupakan kondisi dimana tiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

“Sampai dengan 2020, capaian ODF di Kota Depok sebesar 27 persen. Atau sudah ada 17 kelurahan,” tuturnya kepada Radar Depok, Selasa (29/12).

Di 2020, terdapat lima kelurahan yang diverifikasi menjadi kelurahan ODF. Antara lain, Kelurahan Kukusan, Kelurahan Tanah Baru, Kelurahan Kedaung, Kelurahan Cisalak, dan Kelurahan Pangkalanjati.

“Di Kelurahan Kukusan semuanya sudah memiliki septictank. Kemudian di empat kelurahan lainnya akan berkomitmen menyelesaikan rumah yang belum ODF, dibantu dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim),” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengucap, syukur atas terlampaui target ODF di tahun ini.

“Alhamdulillah tahun ini target kami terselesaikan. Ada lima kelurahan ODF di 2020,” ucap Nova.

Pihaknya bersama dengan Perangkat Daerah (PD) akan terus berupaya dan berkomitmen untuk mengejar target yang telah ditentukan.

“Rencananya di 2021, kami akan menyelesaikan 16 kelurahan untuk ODF,” lanjutnya.

Masih ada beberapa kendala dalam mewujudkan kelurahan ODF. Meliputi sinergisitas lintas sektor yang belum maksimal.

“Salah satunya karena belum ada data akurat dan data update terkait jumlah KK yang belum terakses septictank,” sambungnya.

Terpisah, Lurah Pangkalanjati, Tarmuji mengatakan, Kelurahan Pangkalanjati sebelumnya telah bersinergi kepada RT, RW, dan PKK setempat. Demi mewujudkan Kelurahan Pangkalanjati menjadi sehat. Salah satunya dengan tidak buang air besar sembarangan.