Beranda Politika Money Politik Bisa Gugurkan Paslon

Money Politik Bisa Gugurkan Paslon

0
Money Politik Bisa Gugurkan Paslon
Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan.
Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan
Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pilkada Depok 2020 tinggal hitungan hari, agar kontestasi pesta demokrasi tidak tercoreng, Bawaslu Jawa Barat mengingatkan agar tidak membangun keterpilihan dengan cara yang merusak integritas, seperti politik uang (money politik), kampanye hitam (black champaign) dan menggunakan pihak-pihak yang seharusnya netral dalam membangun peran pemenangan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan usai mengisi materi dalam Rapat Kerja Persiapan Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah di Jawa Barat Tahun 2020 di Hotel Santika, Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji, Senin (30/11).

“Jadi, jangan sampai membangun keterpilihan dengan cara-cara yang merusak integritas, jangan sampai money politik, black champaign, apalagi mengunakan para pihak yang seharusnya netral mengambil peran kemenangan. Kan itu yang tidak kami inginkan,” kata Abdullah kepada Radar Depok.

Menurutnya, jelang hari H, potensi-potensi pelanggaran tersebut menjadi rawan, seperti netralitas ASN, terlebih di tiap gelaran Pilkada, kerawanan seperti itu menjadi hal krusial dan harus diawasi dengan ketat.

“Money politik bisa sanksi pidana dan sanksi administrafit, jika itu terstruktur, sistematis dan massif bisa menggugurkan Paslon (Pasangan Calon),” paparnya.

Ketua Bawaslu Jabar yang berdomisili di Kota Depok ini mengungkapkan, pihaknya ada preseden kasus yang baru vonis di Kabupaten Cianjur, dengan money politik tersebut sudah ada putusan pidana.

“Jadi ini yurisprudensi bahwa politik uang adalah kejahatan, yang punya konsekuensi pidana dan administrasi,” ungkap Abdullah.

Kerawanan tersebut, Abdullah menambahkan, alat konfirmasi dari hasil kompilasi pengawasan Bawaslu terhadap modus pelanggaran Pemilu.

“Dari data kasus yang kami tangani se-Jabar itu memang soal netralitas ASN, money politik dan black champaign sudah mulai muncul, ini kerawanan yang harus dicegah bersama,” tandas Abdullah. (rd/cky)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya