Beranda Politika Program Rp500 Juta Per-RW Pembangunan Lebih Merata

Program Rp500 Juta Per-RW Pembangunan Lebih Merata

0
Program Rp500 Juta Per-RW Pembangunan Lebih Merata
Jubir Paslon No 1, Ikravany Hilman
Ikravany Hilman
Jubir Paslon No 1, Ikravany Hilman

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Program pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Depok Nomor Urut 1, Pradi Supriyatna dan Afifah Alia dinilai lebih relevan buat pembangunan Depok yang merata. Hal ini didasari karena tiap kelurahan berbeda-beda jumlah RW-nya.

Ketua RW5 Kelurahan/Kecamatan Limo, M David menuturkan, program pembangunan yang dicetuskan paslon no 1 lebih merata pembangunanya ketimbang paslo no 2. Bisa dilogikakan, semisal kelurahan A punya RW berjumlah 14 sementara kelurahan B jumlah RW-nya 18. Tentu setiap RW punya hak yang sama. Berbeda dengan program yang 1 kelurahan Rp5 miliar. Sudah pasti tidak merata dan ada saja RW yang tidak mendapatkan pembangunan.

“Buat pembangunan skala lingkungan sepertinya program paslon no 1 lebih bagus. Nantinya akan lebih merata. Hanya saja nantinya RW harus belajar soal ajuan dan laporan anggaran,” jelasnya kepada Radar Depok, Selasa (08/12).

Terpidah, Jubir Paslon No Urut 1, Ikravany Hilman menjelaskan, program ini secara global nantinya bakal bisa dirasakan lingkungan RW yang lebih merata. Jadi tiap RW bisa mengusulkan mana yang skala prioritas. Semisal, sekolah. Jika ingin sekolah RW harus mengajukan lahan yang akan dibangun. Lalu sisa anggaran buat beli lahan bisa digunakan untuk pembangunan yang lain.

“Bisa juga RW sebelahnya yang mengajukan fisik. Jadi pembangunan bisa guyub dan merata,” bebernya.

Terkait aturan, lanjut Ikravany sudah ada aturannya. Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD). Dalam aturan ini menyatakan pembentukan pembentukan LKD diatur oleh Peraturan Walikota (Perwal). Nah, nanti Pemkot Depok akan terjun ke RW buat memberikan arahan.

“Jadi nanti RW bisa diskusi dengan lingkungan mana yang utama pembangunanya. Pemkot yang akan melayani ajuan tersebut,” tandasnya. (rd/dis)

 

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Pebri Mulya