ragunan tutup sementara
ILUSTRASI
ragunan tutup sementara
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Mulai Rabu, 30 Desember 2020 Taman Margasatwa Ragunan tutup hingga waktu yang belum ditentukan.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi Ragunan, Ketut Widarsana, mengatakan alasan ditutupnya Ragunan karena perkembangan pandemi virus Korona (Covid-19) di DKI Jakarta.

“Perkembangan Covid-19 mengalami peningkatan drastis. Mungkin itu yang menjadi salah satu pertimbangan pimpinan,” kata dia.

Menurut Ketut, belum ada informasi kapan Taman Margasatwa Ragunan akan kembali dibuka. Selama ditutup, kata dia, petugas taman margasatwa itu akan tetap masuk. Terutama, kata dia, karyawan yang bertugas merawat hewan serta fasilitas.

“Paling petugas loket yang tidak melayani pengunjung,” tutur dia.

Sebelumnya, Kebun Binatang Ragunan tutup pada Hari Raya Natal, 25 Desember 2020, dan Tahun Baru, 1 Januari 2021. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melarang tempat wisata hingga hotel dan restoran untuk membuat kegiatan perayaan malam tahun baru yang menciptakan kerumunan.

Larangan itu tertuang dalam surat edaran operasional industri pariwisata menghadapi malam pergantian tahun baru 2021 yang dikeluarkan Dinas Parekraf DKI Jakarta. Surat edaran nomor 400/SE/2200 itu berisi tentang tertib operasional usaha pariwisata pada pergantian malam tahun baru 2020-2021 sesuai dengan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB masa transisi di DKI Jakarta.