Beranda Politika Sebelum ke TPS di Pilkada Serentak, Baca Ketentuan Berikut Ini

Sebelum ke TPS di Pilkada Serentak, Baca Ketentuan Berikut Ini

0
Sebelum ke TPS di Pilkada Serentak, Baca Ketentuan Berikut Ini
ILUSTRASI
TPS protokol kesehatan
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Ada beberapa ketentuan saat akan menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pilkada 2020, salah satunya adalah wajib memakai masker saat datangke TPS. Selain itu, petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dipastikan harus dalam kondisi sehat.

“Nanti semua (pemilih dan petugas TPS) wajib memakai masker. Setiap TPS akan mengakomodasi 500 orang pemilih,” ujar Anggota Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu), Rahmat Bagja.

Menurut Bagja, nantinya akan ada swab test untuk KPPS dan pengawas TPS. Ketentuan lain yakni mengatur jam kedatangan pemilih menurut jadwal. Hal tersebut nantinya akan diatur oleh KPU.

“Di TPS akan dilakukan disinfeksi dan disediakan tempat cuci tangan. Para pemilih diminta mencuci tangan sebelum masuk TPS. Selain itu, pemilih dilarang berdekatan dan diminta tidak bersalaman. Menggunakan alat tulis sendiri, dan melakukan cek suhu tubuh sebelum masuk TPS,” lanjutnya.

Dia menambahkan, tinta tetes akan disediakan untuk menandai pemilih yang sudah menggunakan hak pilihnya.  Kemudian ada pula bilik khusus apabila pemilih diketahui bersuhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius.

“Itulah yang menjadi concern kami. Semoga tidak ada pelanggaran,” tambah Bagja.

Hari pemungutan suara Pilkada akan dilaksanakan secara serentak pada 9 Desember 2020 atau hari Rabu pekan depan. Pilkada 2020 digelar di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya