Beranda Utama Tahun 2021 Iuran BPJS Kesehatan Kelas III Naik, Berikut Rincian Biayanya

Tahun 2021 Iuran BPJS Kesehatan Kelas III Naik, Berikut Rincian Biayanya

0
Tahun 2021 Iuran BPJS Kesehatan Kelas III Naik, Berikut Rincian Biayanya
ILUSTRASI

kaca BPJS kesehatan

 

RADARDEPOK.COM – Ada kenaikan untuk iuran BPJS Kesehatan untuk peserta Kelas III dengan kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) atau biasa disebut peserta mandiri pada 2021.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020, memang tidak ada perubahan tentang besaran iuran BPJS Kesehatan Kelas III kategori PBPU dan BP yakni masih Rp 42.000.

Namun, kaerana ada pemangkasan bantuan iuran, yang sebelumnya Rp 16.500 per orang setiap bulan, menjadi hanya Rp 7.000 per orang setiap bulan, maka pada tahun depan setiap peserta mandiri harus merogoh kocek lebih dalam untuk membayar iuran BPJS Kesehatan Kelas III.

Tapi, karena ada pengurangan besaran bantuan iuran dari pemerintah menjadi Rp 7.000, maka tiap peserta harus menambah biaya iuran yang harus dibayarkan menjadi Rp 35.000 per bulan.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani menjelaskan, sejumlah alasan pemerintah mengurangi bantuan iuran kepada peserta BPJS Kesehatan Kelas III PBPU dan BP.

Pertama, kata dia, demi menyeimbangkan fiskal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk Tahun Anggaran 2021.

“Ini dilakukan dalam rangka menyeimbangkan support pemerintah melalui APBN,” kata Askolani.

Selain itu, kata dia, penetapan nilai bantuan iuran yang diberikan pemerintah sebesar Rp 7.000 juga karena melihat kemampuan bayar masyarakat.

Terakhir, pemangkasan bantuan iuran dilakukan karena untuk memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk jangka panjang.