pengmas UVN pelatihan
LATIH : Tim Pelaksana Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jakarta, kembali terjun ke lingkungan melatih pemanfaatan sampah plastik, Senin (30/11). FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK
pengmas UVN pelatihan
LATIH : Tim Pelaksana Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jakarta, kembali terjun ke lingkungan melatih pemanfaatan sampah plastik, Senin (30/11). FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, KRUKUT – Tim Pelaksana Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, kembali terjun ke lingkungan. Senin (30/11), giat pengabdian memberikan pelatihan pemanfaatan sampah plastik sebagai upaya mengatasi permasalahan sampah plastik. Sasarannya, di Bank Sampah Mekar Peduli Krukut, Kecamatan Limo Kota Depok.

Tim PKM UPN Veteran Jakarta, Budhi Martana mengatakan, kegiatan pemanfaatan sampah plastik di Krukut ini sudah berjalan sejak tahun yang lalu. Di kegiatan sebelumnya lebih difokuskan pada pengolahan sampah botol plastik air mineral.

Kegiatan pelatihan kali ini, sambung Budhi, bukan saja mengolah sampah botol plastik air mineral. Tapi, juga melakukan pengolahan sampah plastik jenis lainnya seperti sampah plastik minuman sachet, dan bungkus mie instan.

Melalui program pengabdian pada masyarakat ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada mitra kegiatan. Tentunya, dalam mengatasi permasalahan sampah plastik, dengan memanfaatkannya menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis.

“Pelatihan ini sekaligus sebagai upaya mengurangi timbunan sampah plastik. Dan dapat dijadikan suatu alternatif wirausaha masyarakat kedepannya,” jelas dia yang juga Ketua Tim PKM UPN Veteran Jakarta, kepada Radar Depok, Senin (30/11).

Kegiatan pemanfaatan sampah plastik ini diharapkan, bekerjasama dengan pihak ketiga yang dapat memanfaatkan cacahan sampah plastik. Maupun hasil pengolahan lainnya, untuk dikembangkan secara berkelanjutan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Pada kegiatan ini, lanjutnya, diserahkan mesin pencacah plastik yang diserahkan kepada Bank Sampah Mekar Peduli. Pemberian ini untuk dimanfaatkan sebagai sarana upaya pengurangan sampah plastik di Kelurahan Krukut, serta sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat

Sementara, seluruh anggota Bank Sampah Mekar Peduli menyampaikan terima kasih dan berharap kegiatan pelatihan ini dapat memberikan manfaat serta dapat terus berlanjut. Terutama dalam mengatasi permasalahan sampah plastik, dengan mengolahnya menjadi sesuatu yang memberikan nilai tambah. (rd/dis)

 

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Pebri Mulya