Beranda Pendidikan Vokasi UI Bina 31 Koperasi Konsumen

Vokasi UI Bina 31 Koperasi Konsumen

0
Vokasi UI Bina 31 Koperasi Konsumen
SEMINAR: Vokasi UI Bina 31 Koperasi Konsumen di Depok tentang Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK
vokasi UI bina koperasi
SEMINAR : Vokasi UI Bina 31 Koperasi Konsumen di Depok tentang Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

 

 RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dosen Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), Titis Wahyuni mengadakan Seminar Series bagi lembaga koperasi konsumen di Kota Depok. Titis berkolaborasi dengan Kepala Bidang Pengawasan dan Bina Usaha Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok, Andi Kuswandi sebagai narasumber.

Seminar ini bertujuan mendorong terbukanya peluang jaringan usaha dan kerja sama koperasi di Kota Depok, agar koperasi dapat terus beroperasi dan meningkatkan daya saing serta produktivitas  dalam masa pandemi Covid-19. Sebanyak 31 pengurus dari 31 koperasi konsumen di Kota Depok berpartisipasi dalam kegiatan seminar online tersebut (5/11).

Menurut Titis, berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, saat ini terdapat lebih kurang 71 koperasi konsumen di Depok yang memiliki toko dengan berbagai skala.

“Koperasi tersebut menjalankan pengadaan barang dagangan secara mandiri, sehingga menyebabkan harga kurang bersaing. Sebagian besar proses transaksi masih dilakukan secara kredit, sehingga menyebabkan kegiatan perdagangan tidak berjalan lancar,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Titis, pertumbuhan minimarket berjaringan yang sangat pesat di Kota Depok, turut menjadi ancaman bagi usaha mikro dan kecil, termasuk koperasi konsumen. Berangkat dari permasalahan dan tantangan tersebut, Titis berupaya menjalankan kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) dengan menyasar para pengurus koperasi konsumen.

“Koperasi merupakan badan usaha yang menjadi kekuatan ekonomi rakyat. Untuk itulah program pengmas ini sangat penting bagi  koperasi untuk terus berkembang, produktif dan berdaya saing agar dapat bertahan di masa pandemi. Salah satu caranya adalah dengan membentuk jaringan usaha dan kerja sama koperasi,” kata Titis.

Dalam paparan materi, Andi Kuswandi mengatakan, untuk meningkatkan daya saing koperasi, saat ini sudah terbentuk jaringan usaha dan kerja sama koperasi yang bergerak di bidang perdagangan ritel dalam bentuk minimarket atau toko koperasi dengan sistem pelayanan mandiri serta menjual berbagai jenis barang secara eceran.

“Jaringan tersebut dikenal dengan merk Decomart. Pengadaan barang dagangan pada minimarket dan atau toko koperasi dan atau warung koperasi disediakan melalui Pusat Distribusi, yang dimiliki oleh koperasi dan telah ditetapkan DKUM, UMKM binaan Pemkot Depok, atau sumber lainnya,” tuturnya. (rd/gun)

 

Jurnalis : M. Agung HR

Editor : Pebri Mulya