orientasi penjaga tahanan
PENGENALAN : 12 Petugas Penjaga Tahanan Baru Saat Orientasi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Depok, Rabu (6/1). FOTO : ISTIMEWA
orientasi penjaga tahanan
PENGENALAN : 12 Petugas Penjaga Tahanan Baru Saat Orientasi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Depok, Rabu (6/1). FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Depok melakukan orientasi bagi sejumlah penjaga tahanan baru untuk menjadikan petugas pemasyarakatan yang berintegritas.

Kepala Rutan Kelas I Kota Depok, Anton menjelaskan sebanyak 12 orang tersebut telah diterima pada pendaftaran CPNS Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumhan) 2019 dan kini diberikan orientasi sebelum bertugas sebagai penjaga tahanan.

“Jadi ini mereka semua sudah lulus tes CPNS 2019. Akibat pandemi, kami baru melaksanakan orientasi dari 4 Januari sampai 15 Januari,” ungkap kepada Radar Depok, Rabu (6/1).

Ia menambahkan, kegiatan orientasi tersebut terdiri dari enam tahapan dan diadakan di Rutan Kelas I Depok baik daring maupun luar jaringan (luring) yang diikuti para penjaga tahanan baru dengan latar pendidikan ijazah SMA.

“Antara lain pembukaan orientasi dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Jawa Barat via daring, pembekalan awal, assesment awal CPNS, pengenalan setiap bagian yang ada di Rutan Depok, pembekalan dari masing-masing seksi rutan, dan tes kesamaptaan awal,” terangnya

Anton berharap, dengan diadakannya orientasi atau pengenalan ini, dapat menjadikan petugas pemasyarakatan semakin berintegritas tinggi sesuai tata nilai Kemenkumham.

“Dengan itu semua, semoga bisa berdampak bagi mereka untuk mampu menjalankan tugas dengan baik dan benar,” katanya.

Untuk diketahui, jumlah penjaga tahanan di Rutan Depok sebelum penambahan CPNS Kemenkumhan sebanyak 42 orang yang dibagi kepada empat regu.

“Jadi total penjaga tahanan sekarang ada 54 petugas, karena semakin banyak tahanan, maka kami tambah petugasnya agar lebih optimal,” tutupnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya