jokowi baru
Presiden Joko Widodo.
jokowi baru
Presiden Joko Widodo.

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Pada tanggal 13 Januari 2021, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akan divaksinasi Covid-19 dari Sinovac.

“Iya Sinovac,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Rencananya, saat Jokowi divaksinasi Covid-19, akan disiarkan secara langsung. Setelah itu, vaksinasi Covid-19 dilangsungkan serentak di 34 provinsi di Indonesia.

“Iya. Biar masyarakat bisa lihat langsung, memberikan semangat bisa dilanjutkan ke daerah-daerah juga. Minimal provinsi, kota-kota besar juga ikut melanjutkan,” ujar Heru.

Saat ini pihak Istana Kepresidenan sedang menyusun protokol pelaksanaan vaksinasi Covid-19 saat Jokowi disuntik. Termasuk, siapa saja yang mendampingi Jokowi saat divaksinasi.

“Tata cara prosesnya akan dibahas pada Jumat (8/1) ini. Jadi siapa saja mungkin ada perwakilan yang lain dan prosesnya kan nggak sembarang langkah-langkahnya,” ujar Heru.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin atau BGS mengatakan, kalau Jokowi sudah siap untuk pertama kali divaksinas.

“Penyuntikan pertama akan dilakukan pada Rabu depan (13/01), di Jakarta, oleh Bapak Presiden,” ujar BGS dalam rapat koordinasi di Kemendagri, Selasa (5/1).

Menkes BGS juga meminta kepala daerah untuk mempersiapkan orang-orang yang akan mendapatkan prioritas program vaksinasi, yang akan dibagi menjadi dua tahap.

“Bapak/Ibu Gubernur, kepala daerah, tolong persiapan, pilih orangnya, karena tanggal 14 – 15 kita akan mulai lakukan vaksinasi di daerah, terutama provinsi. Kemudian untuk proses vaksinasi, terutama tenaga kesehatan, tolong dibagi 2 tahap. Arahan dari Bapak Presiden, karena kemungkinan akan ada sedikit dampak, misalnya pegal sedikit, demam sedikit, jadi dalam satu Puskesmas, misalnya ada 4 perawat, jangan sampai di hari yang sama kita vaksin semua, kita antisipasi betul efek itu, maka vaksin dulu untuk 2 orang,” kata BGS.