koperasi depok terima bantuan
SOSIALISASI : Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan saat menggelar sosialisasi bantuan permodalan bagi koperasi, di lantai 10 Gedung Dibaleka 2, beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA
koperasi depok terima bantuan
SOSIALISASI : Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan saat menggelar sosialisasi bantuan permodalan bagi koperasi, di lantai 10 Gedung Dibaleka 2, beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Di masa pandemi Covid-19, banyak koperasi yang tersendat usahanya. Maka dari itu, untuk memulihkan kegiatan usaha koperasi yang terdampak, pemerintah pusat memberikan bantuan permodalan bagi koperasi tingkat kota. Bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID).

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro (DKUM) Kota Depok, Muhammad Fitriawan mengatakan, bantuan tersebut diterima oleh 60 koperasi tingkat kota Depok. Dengan besaran yang berbeda-beda.

Ada tiga jenis koperasi yang mendapat bantuan tersebut. Yaitu koperasi usaha perdaganan sebanyak 23, koperasi simpan pinjam 33 , dan koperasi jasa angkutan empat. “Ada kriteria tersendiri untuk mendapat besaran bantuannya dari masing-masing jenis koperasi,” tuturnya kepada Radar Depok, Rabu (6/1).

Koperasi usaha perdagangan mendapat dengan besaran mulai dari Rp25 juta sampai Rp100 juta. Kemudian koperasi simpan pinjam mendapat bantuan sebesar Rp20 juta sampai Rp50 juta. Dan koperasi jasa angkutan dengan Rp20 juta dan Rp50 juta.

“Koperasi usaha perdagangan mendapat bantuan tergantung luas toko atau ruang usahanya. Yang jenis impan pinjam, tidak harus koperasi tapi ada unit simpan pinjamnya, itu bisa. Dan jenis angkutan umum, dilihat dari banyaknya armada angkutan yang ada,” jelasnya.

Berdasarkan data, total bantuan yang diberikan kepada 60 koperasi adaah sebesar Rp1,990 miliar. Lanjutnya, 60 koperasi tersebut sebelumnya telah memberikan proposal kepada DKUM. Dan dilanjutkan dengan proses seleksi administrasi dan survey oleh DKUM.

“60 koperasi ini adalah mereka yang mengajukan. Dan koperasi yang memang aktif. Yang menyelenggarakan RAT di tahun-tahun sebelumnya,” sambung Fitriawan.

Di akhir Desember 2020, dana bantuan tersebut sudah dialirkan ke rekening koperasi masing-masing. Fitriawan berharap, dana bantuan tersebut bisa menambah modal bagi lembaga koperasi itu sendiri. “Kalau ada tambahan modal bagi koperasi, otomatis aktivitas usaha bisa berjalan lebih baik lagi,” pungkasnya. (rd/dis)

 

Jumlah Koperasi yang dapat pinjaman : 60 koperasi

Jenis Koperasi:

– Koperasi usaha perdagangan : 23

– Koperasi simpan pinjam : 33

– Koperasi angkutan : 4

Besaran Bantuan :

– Koperasi usaha perdagangan : Rp25 juta sampai Rp100 juta

– Koperasi simpan pinjam : Rp25 juta sampai Rp50 juta

– Koperasi angkutan : Rp25 juta dan Rp50 juta

– Total Bantuan 60 koperasi : Rp1,990 miliar

Sumber Bantuan : Dana Insentif Daerah (DID) Pemerintah Pusat

Latar belakang : Banyak koperasi yg tersendat usahanya karena usaha/bisnis anggota berhenti saat Pandemi Covid19. Usaha dagang koperasi juga tersendat seiring dampak Pandemi Covid19.

Tujuan : Memulihkan kegiatan usaha koperasi terdampak Pandemi Covid-19 di Kota Depok

 

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Pebri Mulya