uang bansos depok
ILUSTRASI
uang bansos depok
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM – Kementerian Sosial (Kemensos) sudah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) pada awal Januari 2021 lalu. Nilai bantuan yang diterima setiap bulannya sebesar Rp300.000.

Terkait hal itu, telah dirangkum beberapa fakta menarik tentang bantuan tersebut.

1. Jumlah Penerima Mencapai 10 Juta Orang

BST disalurkan melalui PT Pos Indonesia selama empat bulan, pada Januari, Februari, Maret, dan April. Bansos yang disalurkan secara tunaiĀ  tersebut ditargetkan jumlah penerimanya ada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di Indonesia.

2. BST 2021 Total Anggarannya Capai Rp12 Triliun dan Disalurkan Melalui PT Pos Indonesia

Bansos Tunai (BST) tahun 2021 menjangkau 10 juta KPM dengan total anggaran Rp12 triliun. Penyalurnya melalui PT Pos Indonesia selama empat bulan yakni Januari, Februari, Maret, dan April dengan indeks bantuan Rp300 ribu/KPM.

3. Mau Cairin Bansos Tunai Rp300.000? Jangan Lupa Bawa Dokumen Ini

Setiap penerima bantuan sosial akan menerima undangan paling lambat H-1 sebelum pelaksanaan distribusi dan undangan disampaikan oleh kasatpel sosial hingga RT RW untuk selanjutnya diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Setelah sampai di lokasi distribusi BST, penerima manfaat diwajibkan untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan serta mengecek suhu tubuh dan menjaga jarak di dalam maupun di luar ruangan distribusi BST.

Kemudian, penerima BST wajib membawa undangan, KTP dan Kartu Keluarga (asli dan fotocopy). Jika mereka berhalangan hadir sesuai dengan jadwal pendistribusian, maka penerima akan diundang kembali pada undangan kedua hingga undangan ketiga yang dilakukan setelah distribusi pertama selesai.

4. Di Jakarta ada 1.055.216 Orang Menerima BST

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini mengatakan, BST akan disalurkan kepada 1.055.216 penerima manfaat secara bertahap dan bergiliran dari satu wilayah administrasi DKI Jakarta ke wilayah administrasi lainnya. Terdapat 160 titik lokasi penyaluran dari masing-masing wilayah kota administrasi DKI Jakarta.