Selasa, Maret 9, 2021
Beranda Ekbis dan Hiburan 8 Fakta Kopi yang Mungkin Belum Tahu

8 Fakta Kopi yang Mungkin Belum Tahu

0
8 Fakta Kopi yang Mungkin Belum Tahu

rasa kopi

 

RADARDEPOK.COM – Ternyata Kopi selain menjadi minuman populer di dunia, memiliki fakta-fakta unik juga. Dari fungsi kopi sebagai bahan bakar mobil hingga kisah kopi ditemukan kambing.

Membicarakan kopi seolah tak ada habisnya. Dari manfaat sehat, efek samping, jenis kopi, sampai proses pembuatan minuman berkafein ini.

Tak ketinggalan fakta unik lain seputar penanaman, pengolahan, nutrisi, hingga manfaat kopi lainnya berikut ini.

Jangan ngaku pencinta kopi kalau kamu belum tahu fakta unik kopi berikut ini.

1. Kafein kopi drip lebih tinggi dari espresso

Banyak pencinta kopi mengira kandungan kafein pada espresso lebih tinggi dibanding jenis kopi lainnya. Faktanya, kafein pada kopi drip atau drip coffee mengalahkan espresso.

Dalam 1 shot (30 ml) espresso mengandung sekitar 100 mg kafein, sedangkan 1 cangkir (200 ml) drip coffee memiliki 128 mg kafein. Drip coffee merupakan teknik menyeduh kopi giling dengan kertas filter. Biasanya dikemas dalam bentuk drip bag coffee untuk konsumsi perorangan.

2. Ekstrak kafein dari kopi decaf dijual ke produsen soda

Fakta unik seputar kopi selanjutnya datang dari kopi decaf yang belakangan kian populer. Kopi dengan kandungan minim atau bahkan tanpa kafein ini menyisakan ekstrak kafein dalam proses pembuatannya.

Ekstrak kafein ini tidak dibuang tetapi dijual ke produsen atau perusahaan soda. Peminatnya tinggi karena perusahaan farmasi juga mengincarnya.

3. Kopi light roast lebih tinggi kafeinnya dibanding dark roast

Dalam tahap pemanggangan biji kopi bisa menghasilkan kopi light roast, medium roast, dan dark roast. Masing-masing kopi yang dihasilkan memiliki ciri khas aroma dan rasa sendiri.

Pun untuk kandungan kafeinnya. Ternyata kopi light roast mengandung lebih banyak kafein ketimbang kopi dark roast. Hal ini lantaran proses pemanggangan yang lebih sebentar meski rasanya tidak sepahit kopi dark roast.

4. Rekor minum secangkir kopi tercepat

Berbagai rekor dunia seputar makanan dan minuman telah dipecahkan. Bagaimana dengan rekor minum secangkir kopi tercepat?

Pemegangnya adalah pria asal Jerman bernama Andre Ortolf. Ia memecahkan rekor minum secangkir kopi tercepat pada tahun 2019. Durasi yang dibutuhkan hanya 4.35 detik!

5. Kopi jadi bahan bakar mobil

Siapa sangka kopi punya manfaat lain selain dinikmati sebagai minuman. Kopi bisa menjadi bahan bakar mobil.

Mobil dengan sebutan “Car-puccino” itu adalah Volkswagen Scirocco tahun 1988. Dulu mobil tersebut dimodifikasi agar bisa jalan dengan bahan bakar ampas kopi sisa.

6. Kopi ditemukan kambing

Fakta unik seputar kopi selanjutnya adalah seputar proses penemuan kopi. Konon kopi ditemukan kambing di Ethiopia.

Ada legenda yang menceritakan seorang penggembala kambing melihat kambing peliharaannya jadi lebih energik usai makan beberapa jenis berry. Penggembala itu kemudian membawa berry temuannya ke biara, kemudian setelah itu orang-orang mulai mengolahnya sebagai minuman. Konon berry yang dimaksud adalah biji kopi.

7. Kopi termahal di dunia

Harga kopi bervariasi di dunia, namun ada satu jenis kopi yang terkenal sebagai kopi termahal di dunia. Kopi itu berasal dari Indonesia, kopi luwak.

Di luar negeri, kopi luwak asli bisa dihargai USD 600 (Rp 8,4 juta) per 450 gram. Meski begitu, kopi luwak juga dapat sorotan karena dinilai menyiksa binatang dalam proses pembuatannya.

8. Alasan ilmiah di balik busa kopi dalgona

Di masa pandemi Covid-19, minuman kopi baru muncul yang dikenal dengan nama kopi dalgona. Ciri khasnya ada pada busa kopi yang kaku dan mengembang.

Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah dimana rasio bahan-bahan pembuatan kopi dalgona-lah yang membuat busa kopi sempurna. Penggunaan sedikit air jadi kuncinya. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya