Komunitas Taman Baca Depok
GALANG DANA: Para relawan Taman Baca Melego saat menggalang dana untuk korban bencana alam, di Jalan Raya Juanda Depok, Minggu (24/1). FOTO: PUTRI/RADAR DEPOK
Komunitas Taman Baca Depok
GALANG DANA: Para relawan Taman Baca Melego saat menggalang dana untuk korban bencana alam, di Jalan Raya Juanda Depok, Minggu (24/1). FOTO: PUTRI/RADAR DEPOK

 

RADAR DEPOK.COM, DEPOK – Bencana alam yang menimpa Indonesia akhir-akhir ini menjadi perhatian banyak masyarakat Indonesia. Salah satunya forum Taman Baca Melego. Para anggotanya ikut berlomba membantu masyarakat Indonesia yang terkena bencana.

Salah satu pendiri Taman Baca Melego, Tubagus Ahmad Zaoharudin mengatakan, pihaknya telah menggalang dana sejak adanya informasi bencana yang menimpa Indonesia, sekitar seminggu lalu.

“Waktu awal kejadian bencana, kami langsung adain diskusi untuk galang dana. Kami buat pamflet, terus kami share ke media sosial,” tutur Tubagus kepada Radar Depok, Minggu (24/1).

Tak berselang lama, pada Senin (18/1) ada tujuh orang relawanTaman Baca Melego berangkat ke lokasi bencana di Sulawesi Barat. Kemudian, ketika ada bencana banjir bandang di kawasan Puncak, Bogor, para relawan juga langsung berangkat ke lokasi.

“Teman-teman kami saat itu dengan sigap langsung berangkat ke tempat bencana. Yang ke Sulawesi Barat sepuluh hari di sana. Sedangkan yang ke puncak kemarin dua hari,” sambungnya.

Penggalangan dana sampai saat ini masih terus dilakukan. Mulai dari penggalangan dana lewat media sosial atau pun galang dana secara langsung. Galang dana secara langsung dilakukan sudah empat kali selama Januari 2021.

“Kami juga ada relasi yang saling bantu. Biasanya mereka memberikan logistik. Seperti Basarnas Makasar, sekolah relawan, dan lainnya,” tambahnya.

Biasanya galang dana dilakukan di titik-titik lampu merah yang ada di Depok. Seperti lampu merah Kelapadua ataupun perempatan lampu merah Juanda. Tak jarang juga para relawan merogoh kantongnya untuk menyumbang.

“Kami yang ada disini punya rasa peduli dengan sesama saudara kami yang sedang mengalami musibah. Jadi, kami mau memberikan yang terbaik. Kami mau mereka bisa menghadapi bencana ini bersama-sama dengan kami. Tidak hanya sendiri saja,” lanjut Jo, sapaannya.

Dia juga mengungkapkan, besok (25/1) akan ada relawan Taman Baca Melego yang berangkat ke Mamuju. Dan sampai hari ini pihaknya  masih menggalang dana. “Kami kalau untuk galang dana sepertinya continue. InshaAllah besok teman-teman kami akan ada yang berangkat lagi ke lokasi bencana di Mamuju,” tutupnya.

Bagi masyarakat Kota Depok yang ingin berbagi dan berdonasi membantu, bisa langsung melihat informasi lebih detail di sosial media Instagram miliki Taman Baca Melego, @Tamanbacamelego. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR