nyamuk DBD
ILUSTRASI
nyamuk DBD
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Memasuki awal tahun 2021 dan musim penghujan, selain virus Korona (Covid-19), harus diwaspadai juga sejumlah penyakit, di antaranya Demam Berdarah Dengue (DBD) dan diare.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita menuturkan, penyakit terbesar sejauh ini masih didominasi oleh hipertensi. Selain itu ia menilai, biasanya di musim penghujan penyakit didominasi DBD dan diare.

Menurutnya, karena adanya pandemi Covid-19, bukan berarti penyakit DBD dan diare mengalami penurunan. Tapi, bisa jadi, karena banyak orang yang tidak mau datang ke rumah sakit atau puskesmas.

“Selama pandemi, banyak orang yang sepertinya menahan diri untuk datang ke RS atau puskesmas. Mungkin takut terpapar virus,” tutur Novarita kepada Radar Depok, Minggu (10/01).

Novarita menambahkan, guna menghindari penyakit DBD dan diare di musim hujan, masyarakat harus terus menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Jangan sampai ada air tergenang dan jentik nyamuk.

“Kebersihan lingkungan paling utama. Kemudian cuci tangan, perhatikan pengolahan makanan agar bersih,” sambungnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Depok, Devi Maryori mengatakan, penyakit yang biasanya muncul di awal tahun adalah DBD.

“Angka DBD rendah. Mungkin bisa dihitung pakai jari. Namun, saya harus lihat data,” tuturnya.

Lanjut Devi, di masa sekarang ini, kunjungan berjalan dan rawat inap penyakit lain berkurang. Karena di masa sekarang, lebih didominasi oleh pasien Covid-19, sebanyak 70-75 persen.

“Namun, untuk layanan rawat jalan tetap kami lakukan. Hanya saja jumlah kunjungan dikurangi. Karena banyak dokter yang harus menangani Covid-19,” jelasnya.

Devi mengingatkan, untuk pencegahan DBD bisa dilakukan dengan melakukan hidup bersih dan sehat, serta melakukan 3M. Yaitu Menguras penampungan air, Menutup rapat tempat penampungan air, serta Mengubur atau Memanfaatkan kembali barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

“Apabila diperlukan bisa melakukan fogging,” sambungnya.