total denda uang covid
PENERTIBAN : Satpol PP Kota Depok melakukan penertiban kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker. FOTO : ISTIMEWA
total denda uang covid
PENERTIBAN : Satpol PP Kota Depok melakukan penertiban kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Satpol PP Kota Depok terus menggeber penertiban kepada masyarakat yang bandel di masa pandemi Covid-19.

Sekretaris Satpol PP Kota Depok, Fery Birowo mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan penertiban terkait pelanggar protokol kesehatan sejak awal pandemi.

“Kami masih akan terus melakukan penertiban kepada mereka yang melanggar protokol kesehatan,” tuturnya kepada Radar Depok, Minggu (3/1).

Ia menuturkan, sasaran penertiban Satpol PP adalah dunia usaha yang tidak patuh dengan peraturan yang ada. Kemudian masyarakat yang tidak menggunakan masker, dan kerumunan orang. Ada tiga sanksi yang diberikan.

“Teguran atau tertulis, sanksi sosial, dan denda,” ujarnya.

Berdasarkan data internalnya, lanjut Fery, kurun 4 September 2020 sampai 28 Desember 2020, tercatat pelanggaran terbanyak ada di sasaran masker, dengan 8.262 pelanggaran. Kemudian disusul pelanggaran dunia usaha 2.064 pelanggaran, dan berkerumun sebanyak 1.099 pelanggaran.

“Dan sejauh ini sanksi yang diberikan paling banyak adalah sanksi teguran lisan atau tertulis,. Kalau untuk denda, semua terkumpul sebanyak Rp 49.561.000” sambung Fery.

Uang denda tersebut, dibayarkan para pelanggar atau yang bersangkutan langsung ke Bank Bjb.

Menurut Fery, masyarakat harusnya sudah mulai paham dengan kondisi sekarang, dimana tingkat kesadaran yang harus tinggi, karena Covid-19 benar adanya.

“Hal sederhana seperti mengenakan masker harusnya sudah menjadi kewajiban di masa sekarang ini,” lanjutnya.