Selasa, Maret 9, 2021
Beranda Utama Denmark dan Selandia Baru Negara Paling Anti Korupsi, Lalu Bagaimana Indonesia?

Denmark dan Selandia Baru Negara Paling Anti Korupsi, Lalu Bagaimana Indonesia?

0
Denmark dan Selandia Baru Negara Paling Anti Korupsi, Lalu Bagaimana Indonesia?

anti korupsi indonesia

 

RADARDEPOK.COM – Berdasarkan laporan Transparency International Indonesia (TII) tahun 2020, Indeks Persepsi Korupsi Indonesia mengalami penurunan.

Indonesia sekarang menempati peringkat ke-102 dari 180 negara yang disurvei dengan 37 poin. Itu menurun dari tahun sebelumnya, dengan raihan 40 poin.

Lantas negara mana yang memiliki Indeks Persepsi Korupsi paling baik di dunia? Sejauh apa perbedaannya dengan Indonesia?

Indeks Persepsi Korupsi yang dibuat oleh TII merupakan parameter untuk menentukan tingkat korupsi sebuah negara yang diketahui melalui survei Transparency International (TI), salah satu lembaga antikorupsi independen dunia.

TI melakukan survei di 180 negara sepanjang pandemi virus Korona (Covid-19) dan memberi nilai menggunakan setiap indikator yang dapat menunjukkan tingkat korupsi sebuah negara.

Ketika sebuah negara mendapatkan nilai 0, maka negara tersebut benar-benar korup. Sedangkan, jika mendapat nilai 100, maka negara itu bebas sama sekali dari korupsi.

Setelah disurvei, ternyata negara-negara di dunia rata-rata mendapat nilai 43 poin yang bertahan selama lima tahun terakhir.

Sementara, negara Asia Pasifik rata-rata mendapatkan nilai 45 poin. Artinya, Indonesia (37) memiliki nilai jauh di bawah rata-rata.