Beranda Metropolis DKUM Depok Bina 4.440 Pelaku UMKM

DKUM Depok Bina 4.440 Pelaku UMKM

0
DKUM Depok Bina 4.440 Pelaku UMKM
GIAT: DKUM Kota Depok saat melaksanakan kegiatan pada beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA
DKUM depok bina UMKM
GIAT : DKUM Kota Depok saat melaksanakan kegiatan pada beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, telah melakukan berbagai program dan kegiatan pemberdayaan, termasuk pengembangan usaha mikro (UMKM).

Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengatakan, selama 2020, DKUM banyak menggelar kegiatan walaupun di tengah pandemi Covid-19.

“Kami tetap menggelar kegiatan. Walaupun memang tidak bisa seperti saat keadaan normal tentunya,” tuturnya kepada Radar Depok, Jumat (15/10).

Kata dia, program DKUM terbagi dua. Yaitu, program pemberdayaan UMKM yang meliputi pelatihan wirausaha baru (WUB), pelatihan keamanan pangan (PKP), dan pelatihan kemasan produk.

Terdapat juga program pengembangan UMKM, yang meliputi pelatihan digital marketing. Kemudian diklat manajemen keuangan, SDM dan pemasaran. Dan memfasilitasi aspek legal, seperti PIRT, halal, dan haki.

“Pada 2020, kami juga menyelenggarakan bazaar Depok Virtual Expo. Menggelar produk UMKM. Yang mengikuti pamerannya, adalah UMKM dari berbagai wilayah di Depok,” lanjutnya.

Karena ada pandemi Covid-19, dan berbagai kegiatan tatap muka dibatasi. Jadi, DKUM menyelenggarakan bazaar secara virtual. Yang dimana Depok Virtual Expo melibatkan 1.435 produk UMKM Depok.

“Alhamdulillah pada event tersebut antusias masyarakat cukup tinggi. Ada pemesanan sebanyak 683 paket. Dengan total produk terjual sebanyak 3.815,” ungkapnya.

Salah satu pelaku UMKM Depok, Yuni Widyastuti mengatakan, usaha snackboxnya terus berjalan walau di tengah pandemi Covid-19. Pemkot Depok melalui DKUM mengadakan pelatihan  higiene dan sanitasi makanan.

“Waktu itu ikut pelatihannya, yang diselenggarakan oleh DKUM Depok dan Dinkes Depok. Alhamdulillah, saya berterima kasih untuk Pemkot yang selalu mendukung kami para pelaku UMKM,” pungkasnya. (rd/dis)