UMKM Fitri Awan
Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan
UMKM Fitri Awan
Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Depok 2022, telah dilaksanakan pada Rabu (22/1) secara virtual. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok dalam diskusinya menyebut akan melakukan pemberdayaan, terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Depok.

Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengatakan, akan mengadakan program pelatihan wirausaha baru. Yang meliputi pelatihan desain kemasan, pelatihan teknopreneur, pelatihan keamanan pangan, dan fasilitasi sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT).

“Prioritas pembangunan di 2022 sebenarnya adalah penanganan pasca pandemi Covid-19. Yang menjadi fokus utama ada kesehatan, ekonomi, dan sosial,” tuturnya kepada Harian Radar Depok.

Lanjutnya, menurut Fitriawan mengatakan, gerakan UMKM saat ini adalah yang menjadi prioritas. Gerakan tersebut bertujuan untuk memperkokoh pondasi ekonomi. Agar tidak terjadi kesenjangan antara yang besar dan UMKM.

“Output yang ingin kami capai dari gerakan UMKM naik kelas adalah pertumbuhan jumlah wirausaha yang meningkat. Sehingga menciptakan keadilan ekonomi, dan menyiapkan sejumlah strategi guna pemulihan ekonomi daerah di saat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Strategi yang digunakan bagi UMKM agar mencapai naik kelas, salah satu caranya adalah membuka akses pasar seluas-luasnya dengan memprioritaskan produk UMKM. Yaitu meningkatkan mutu produknya agar memenuhi standar. “Kamu juga nantinya akan menyiapkan upaya jangka pendek dan jangka panjang. Guna mendorong gerakan UMKM naik kelas,” sambungnya.

Fitriawan menyebutkan, upaya jangka pendek yang akan dilakukan adalah menyediakan gempat bagi pelaku UMKM di wilayah. Kemudian, dia juga tidak menutup peluang untuk bekerjasamq dengan pihak swasta. Selain itu, dia juga akan melakukan program pelatihan, pendampingan, dan berupaha meningkatkan kualitas para usaha kecil dan menengah. Sehingga berdagang atau usaha untuk kepentingan masyarakat lain agar lebih bermanfaat.

Lewat berbagai upaya yang dilakukan oleh DKUM diharapkan UMKM di Kota Depok dapat terus memiliki daya saing serta kualitas di tengah persaingan bisnis yang semakin pesat. “Kami berharap, para pelaku usaha di Kota Depok senantiasa memiliki kapasitas, kemanpuan, serta kepercayaan diri untuk terus berinovasi dalam mengembangkan produk mereka,” tutupnya.(dis)

 

Jurnalis : Putri Disa 

Editor : Fahmi Akbar