Kamis, Maret 4, 2021
Beranda Metropolis Dua Warga Depok Dapat Bantuan dari PWD

Dua Warga Depok Dapat Bantuan dari PWD

0
Dua Warga Depok Dapat Bantuan dari PWD
BERBAGI: Ketua Paguyuban Wartawan Depok (PWD), Merlin Ferry Sinaga bersama Anggota Kodim 0508/Depok, serta lapisan masyarakat saat menyerahkan bantuan sembako kepada Maryam di kediamannya, Kampung Sengon, Kelurahan Pancoranmas, Kecamatan Pancoranmas. FOTO: ARNET/RADAR DEPOK
Foto PWD Bantuan
BERBAGI: Ketua Paguyuban Wartawan Depok (PWD), Merlin Ferry Sinaga bersama Anggota Kodim 0508/Depok, serta lapisan masyarakat saat menyerahkan bantuan sembako kepada Maryam di kediamannya, Kampung Sengon, Kelurahan Pancoranmas, Kecamatan Pancoranmas. FOTO: ARNET/RADAR DEPOK

 

RADAR DEPOK.COM, DEPOK – Masyarakat peduli masyarakat, hal itu yang dapat dicerminkan Paguyuban Wartawan Depok (PWD) bersama jajaran Kodim 0508/ Depok, dengan memberikan bantuan sosial kepada warga yang membutuhkan.

Ketua PWD, Merlin Ferry Sinaga menyebutkan, bansos tersebut diberikan kepada dua orang yang sangat membutuhkan, karena melewati kehidupannya dengan miris meski lokasinya di tengah Kota Depok.

“Pertama, nenek usia lanjut bernama Maryam keturunan pejuang tapi diabaikan. Kedua, anak di bawah umur karena menderita sakit lumpuh akibat terjatuh,” ucap Merlin kepada Radar Depok, Minggu (24/01).

Bantuan yang diberikan berupa, beras berukuran 5 Kg sebanyak dua kantong, sarden empat kaleng, minyak goreng dua kantong, gula pasir dua kantong, mie instan empat dus, kecap dua kantong, susu kental manis empat kaleng, teh celup dua pak dan roti.

“Kami ketahui kondisi keduanya karena melapor ke paguyuban, itu sudah sepatutnya kami bantu. Sudah menjadi kewajiban untuk peduli pada sesama,” terangnya yang didampingi anggota Kodim 0508/Depok, bersama Ormas PBB PAC Pancoranmas.

Koordinator Tim Jaringan Berita Kota Depok (JBKD) ini juga menembahkan, selain agenda kegiatan santunan anak yatim, kegiatan berbagi kasih kepada sesama seperti ini akan menjadi agenda rutin PWD. “Tahun ini dan kedepannya kegiatan seperti ini akan menjadi prioritas teman-teman Paguyuban Wartawan Depok,” tambahnya.

Dirinya sedikit mengulas sosok Maryam. Ayah Maryam bernama Candra Maria Hadi berasal dari Hongkong. Sejak tahun 1973, ayah Maryam telah tinggal di Magelang dan memeluk agama Islam. Sementara Ibu Maryam adalah keturunan Keraton Ningrat ke-9 dan kakek buyutnya merupakan anggota Kavaleri Rokase Romusha, dan pernah bertugas bersama Jenderal Suharto kala itu.

“Maryam tinggal di rumah petak berukuran 2,5 X 2,5 meter persegi di Kampung Sengon, Kelurahan Pancoranmas, Kecamatan Pancoranmas,” jelasnya.

Kini Maryam, harus bergulat untuk bertahan hidup dengan cara menjadi pemulung, ditambah lagi dirinya berjuang keras untuk mendapatkan rupiah demi kesembuhan sang suami, Mahmud yang mengidap penyakit Paru-Paru.

Kesehariannya, Maryam dengan keterbatasan usianya harus berjuang di tengah panas dan hujan untuk mencari botol plastik. Dalam setiap langkah kakinya dirinya selalu berdoa dan berharap agar bisa mengumpulkan botol bekas untuk makan dan kesembuhan suaminya.

“Ironisnya lagi, selama 15 tahun tinggal di Depok, Maryam tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. Belum pernah ada bantuan yang datang ke kami,” ungkapnya menirukan ucapan Maryam.

Maryam juga anak dari anggota TNI, pernah bertugas menjadi Bidan di Irian Jaya Barat, Kalimantan, Sulawesi, Singapura, Thailand, Arab Saudi dan Turki. Ia berkisah, kakeknya merupakan pejuang kemerdekaan bersama Jenderal Soeharto. (rd/arn)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR