Beranda Utama Fakta Black Box yang Paling Dicari Saat Kecelakaan Pesawat, Menyimpan 2 Jam Pembicaraan

Fakta Black Box yang Paling Dicari Saat Kecelakaan Pesawat, Menyimpan 2 Jam Pembicaraan

0
Fakta Black Box yang Paling Dicari Saat Kecelakaan Pesawat, Menyimpan 2 Jam Pembicaraan
Black Box yang ada di pesawat
black box pesawat
Black Box yang ada di pesawat

 

RADARDEPOK.COM – Kecelakaan pesawat menjadi salah satu peristiwa yang kerap mematikan.

Jika terjadi hilang kontak atau tidak terdeteksi radar, pesawat bisa jadi mengalami kecelakaan. Jika hal tersebut terjadi, , black box atau kotak hitam menjadi barang yang paling dicari.

Dalam kotak berwarna orange ini tersimpan memori yang dapat membantu penyelidik mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan pada pesawat.

Fungsi dari kotak ini, yakni merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara selama pesawat mengudara.

Baru-baru ini, pada Sabtu, (9/1) pesawat Sriwijaya Air SJ 182 disebut hilang kontak di sekitar Pulau Laki di Kepulauan Seribu.

Meski belum diketahui bagaimana jatuhnya pesawat ini, namun tim pencari telah menemukan serpihan besi, dan serpihan daging diduga potongan tubuh manusia.

Berikut fakta-fakta black box yang paling utama dicari jika pesawat mengalami kecelakaan :

Warnanya tidak hitam

Meski disebut kotak hitam, warnanya sebenarnya adalah oranye, tujuannya untuk mempermudah untuk membedakan dengan objek di sekitaranya.

Terdiri atas dua bagian

Kotak hitam terdiri atas dua bagian: flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR). Keduanya wajib bagi semua pesawat komersial dan pesawat pribadi, dan biasanya terletak di ekor pesawat. Posisi peletakan ini untuk memungkinkan agar kotak hitam ini utuh meski terjadi kecelakaan. FDR merekam kecepatan, ketinggian, akselerasi vertikal, dan penggunaan bahan bakar. Jika dulu masih menggunakan sistem kabel untuk merekam data, kini kotak hitam sudah menggunakan sistem solid-state memory boards.