Beranda Pendidikan FKG UI Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

FKG UI Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

0
FKG UI Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19
SOSIALISASI: Para peserta sosialisasi dan bincang Vaksinasi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI). FOTO : UI FOR RADAR DEPOK
sosialisasi UI tentang korona
SOSIALISASI : Para peserta sosialisasi dan bincang Vaksinasi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI). FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), ditetapkan Dinas Kesehatan DKI Jakarta sebagai salah satu tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Hal ini disampaikan dalam sambutan Dekan FKG UI, Prof. Dr. M. F. Lindawati S. Kusdhany, saat membuka acara Sosialisasi dan Bincang Vaksinasi Covid-19 secara daring, pada Selasa (12/1).

Sosialisasi tersebut dihadiri 434 peserta secara daring dan 412 viewer melalui Youtube, dengan menghadirkan pembicara dr. Kartika Hardianti Zainal (Penanggung Jawab Vaksinasi Covid-19  RSKGM FKG UI); dr. Ardeno Kristianto, SpPD (dokter spesialis penyakit dalam RSKGM FKG UI); Dr. Sukamto Koesnoe, dr, Sp.PD, KAI (dokter spesialis penyakit dalam Konsultan Alergi Imunologi – Divisi Alergi Imunologi Klinik, SMF/Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM FKUI); dan Dr. Czeresna Heriawan Soejono, Sp.PD, K.Ger, M.Epid, FACP,  FINASIM (dosen senior Departemen Ilmu Penyakit Dalam FK UI, Konsulen Geriatri RSKGM FKG UI) dengan moderator Direktur RSKGM FKG UI, Dr. Maria Purbiati, drg., Sp.Ort(K).

Kepala IGD RSKGM FKG UI, dr. Kartika Hardianti Zainal menjabarkan alur pelayanan vaksinasi Covid-19 di RSKGM yang direncanakan akan dibuka pada 14 Januari 2020.

“Lokasi Pelayanan Vaksinasi Covid-19 di RSKGM FKG UI berada di lantai 6 dengan kuota 15 orang per sesi. Pelayanan dibuka pada Senin sampai Jumat dan dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi 1 pada pukul 08.00-10.00 wib, sesi 2 pukul 10.00-12.00 wib, dan sesi 3 pukul 12.30-14.30 wib,” ujarnya.

Narasumber kedua yaitu dr. Ardeno Kristianto, Sp.PD membahas tentang Covid-19 dan Kesehatan Tubuh Kita dimulai dari penjelasan perjalanan pandemi di Indonesia dengan pertambahan kasus baru di Indonesia yang sangat mengkhawatirkan. Pandemi ini relatif tidak berpuncak dan belum bisa dikatakan pernah mengalami gelombang pertama dan kurvanya selalu menggambarkan kenaikan.

“Vaksin Covid-19 aman dan efektif terhadap terhadap imunitas tubuh manusia dan Herd Immunity,” ungkap Dr. Sukamto Koesnoe, ketika menjelaskan alasan utama bagi orang dewasa untuk mendapatkan vaksinasi.

Selain aman, vaksinasi Covid-19 dilakukan sebagai upaya mencegah tertularnya penyakit dan penting untuk kesehatan secara keseluruhan seperti diet dan olahraga.