harga cabai menggila
DAGANG : Salah seorang pendagang cabai di pasar tradisional di Kota Depok. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
harga cabai menggila
DAGANG : Salah seorang pendagang cabai di pasar tradisional di Kota Depok. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Harga cabai rawit merah meroket di seluruh pasar tradisional di Kota Depok. Kenaikan terjadi mulai dari Rp10 ribu hingga Rp20 ribu. Bahkan di Pasar Agung, tembus di angka Rp100 ribu/Kg perkilo.

“Iya naik di pedagang Pasar Agung. Tadi pagi saya belanja, harga rawit merah tembus Rp100 ribu. Kalau cabai keriting Rp60 ribu,” terang Kepala UPT Pasar Agung, Biher Purba, kepada Radar Depok, Senin (4/1).

Dia menerangkan, kenaikan harga memang sudah biasa saat perayaan Natal dan Tahun Baru berlangsung. Namun dari informasi yang ia himpun dari pedagang, diketahui harga di Pasar Induk juga mengalami kenaikan. Akhirnya berdampak kepada harga jual di pasaran. “Info pedagang karena distribusi yang mahal serta pengaruh cuaca sehingga mempengaruhin pasokan,” ungkap Biher.

Lebih lanjut, ia membeberkan, sebelumnya harga cabai rawit merah di Pasar Agung cukup fluktuatif. Kisaran Rp50 ribu sampai Rp55 ribu. Harga juga tergantung kondisi cabai. Jika masih dengan kondisi segar harganya akan tinggi, bila kondisi cabai sudah kurang segar akan turun harganya. “Itu karena cabai mudah busuk, tidak bisa tahan lama. Harganya bisa berubah menjadi turun Rp2 sampai Rp3 ribu,” bebernya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, Zamrowi mengakui kenaikan terjadi di seluruh pasar tradisional Kota Depok. Kenaikan sudah dua minggu terakhir, saat akhir Desember.

“Penyebabnya karena pasokan berkurang. Biasanya nanti kalau pasokan normal, harga akan kembali menurun,” ungkapnya.

Lebih jauh, ia melanjutkan, biasanya saat harga sedang tinggi, masyarakat akan mengurangi konsumsi cabai atau menurunkan pembeliannya.

“Setiap pasar tradisional memiliki harga beragam, hal tersebut karena dipicu dari pengambilan bahan pokok yang berbeda, bisa dari Pasar Induk Jakarta, Pasar di Bogor, atau langsung dari petani diluar Jabodetabek,” pungkasnya. (rd/arn)

 

Harga Cabai di Kota Depok

Cabai Rawit Merah :

Pasar Agung

-Harga Terkini : Rp 70 ribu sampai Rp 100 ribu Per Kilogram

-Harga Sebelumnya : Rp 55 ribu

-Naik : 15 ribu sampai Rp 45 ribu

Pasar Cisalak

-Harga Terkini : Rp 81 ribu

-Harga Sebelumnya : Rp 65 ribu

-Naik : Rp 16 ribu

Pasar Sukatani

-Harga Terkini : Rp 90 ribu

-Harga Sebelumnya : Rp 80 ribu

-Naik : Rp 10 Ribu

-Waktu Kenaikan : Dua Minggu Terakhir

Kenaikan Terjadi : Seluruh Pasar Tradisional Kota Depok

Penyebab Kenaikan :

  • Berkurangnya Pasokan
  • Distribusi Mahal
  • Pengaruh Cuaca
  • Tradisi Akhir Tahun

Dampak Pembeli :

  • Tidak Terlalu Berpengaruh Karena Kebutuhan
  • Konsumsi Dikurangi
  • Jumlah Pembelian Diturunkan

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Pebri Mulya