bandara kedatangan WNI
ILUSTRASI
bandara kedatangan WNI
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Adanya 153 warga negara asing asal China yang masuk ke Indonesia melalui Terminal III Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada Sabtu (24/01) telah terkonfirmasi Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Kepala Sub Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Ahmad Nursaleh menerangkan TKA dari China itu boleh masuk di tengah pelarangan WNA masuk ke Indonesia adalah bagian dari pengecualian.

Diketahui, dalam rangka penanggulangan virus Korona (Covid-19), pemerintah pusat melarang WNA masuk ke Indonesia hingga 8 Februari 2021.

“Pada Sabtu 24 Januari 2021 telah mendarat mendarat pesawat China Southern Airlines dari Guangzhou dengan membawa 171 penumpang yang terdiri 153 WN RRT [China] dan 18 WNI,” kata Kepala Sub Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham Ahmad Nursaleh.

“Seluruh penumpang asing yang mendarat tersebut masuk dalam kategori orang asing yang diizinkan masuk ke wilayah Indonesia berdasarkan SE Dirjen Imigrasi, tentang pembatasan sementara masuknya orang asing ke wilayah Indonesia dalam masa pandemi Covid-19,” lanjut dia.

Dari seluruh penumpang WNA tersebut, Ahmad menjelaskan 150 orang diantaranya memiliki Izin Tinggal Terbatas (ITAS) dan Izin Tinggal Tetap (ITAP). Sementara tiga lainnya memiliki visa diplomatik.

Ia mengatakan setelah mendarat setiap penumpang langsung menjalani pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan dokumen keimigrasian.

“Setelah lengkap selanjutnya diarahkan oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 menuju tempat karantina,” tuturnya.