Beranda Metropolis Ini Prediksi Cuaca Depok Sepekan Kedepan

Ini Prediksi Cuaca Depok Sepekan Kedepan

0
Ini Prediksi Cuaca Depok Sepekan Kedepan
SIAGA CUACA: Sebuah kendaraan roda empat melintas di Flyover Arif Rahman Hakim dengan latar belakang Kota Depok yang mendung sesaat sebelum turun hujan. Masyarakat serta jajaran terkait diminta untuk waspada memantau informasi cuaca secara rutin. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK
prakiraan cuaca di kota depok
SIAGA CUACA : Sebuah kendaraan roda empat melintas di Flyover Arif Rahman Hakim dengan latar belakang Kota Depok yang mendung sesaat sebelum turun hujan. Masyarakat serta jajaran terkait diminta untuk waspada memantau informasi cuaca secara rutin. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat mencatat dalam sepekan ke depan, yaitu 15 hingga 21 Januari mendatang, cuaca di Kota Depok masih dalam kategori kondusif. Hal tersebut sesuai rilis resmi yang mengacu pada data model numerik cuaca.

Kabag Humas BMKG Pusat, Akhmad Taufan menjelaskan, dalam tujuh hari tersebut, ada dua hari yang akan terjadi hujan ringan serta berawan, yaitu di tanggal 18 dan 20 Januari. Selebihnya cuaca hanya berpotensi hujan ringan dengan awan cerah.

“Iya itu masih prediksi saja, kemungkinan masih bisa berubah karena ini melihat tiupan angin, gelombang, dan lainnya,” terang Taufan kepada Radar Depok, Kamis (14/01).

Mengapa harus tetap waspada, sebab Depok masuk dalam dua kewilayahan yaitu Jabodetabek serta Jawa Barat. Sehingga harus ada kewaspadaan dari masyarakat, terutama upaya jajaran terkait dalam terus memberikan informasi terkini terkait cuaca.

“Harus di update terus setiap hari, kalau perlu libatkan pejabat lingkungan sekitar, seperti RT, RW untuk berperan aktif mengakses prediksi cuaca di laman resmi BMKG,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, secara keseluruhan, di lihat dari perkembangan pemantauan akhir Desember menunjukan bahwa sebanyak 85 persen Zona Musim (ZOM) di wilayah Indonesia memasuki musim hujan.

“Peningkatan curah hujan pada Januari hingga Maret 2021 akan berpotensi meningkatkan peluang banjir, salah satunya di Jawa Barat, dimana Kota Depok juga masuk dalam Provinsi Jawa Barat,” tambah Taufan.

Berdasarkan prakiraan tersebut, BMKG menghimbau agar pihak terkait di Pemerintah Daerah serta masyarakat yang tinggal di daerah yang berpotensi mendapat curah hujan yang tinggi dan sangat tinggi, untuk mewaspadai adanya ancaman bencana hidrometeorologi, seperti, longsor, banjir, hingga banjir bandang.

“Kami minta untuk terus memantau perkembangan cuaca secara rutin yang resmi dan jelas dari BMKG,” tutupnya. (rd/arn)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Pebri Mulya