Beranda Satelit Depok Intip Kegiatan Relawan Sapu Bareng (Sabar) : Si Oren Rutin Jaga lingkungan Lewat Jumat Bersih

Intip Kegiatan Relawan Sapu Bareng (Sabar) : Si Oren Rutin Jaga lingkungan Lewat Jumat Bersih

0
Intip Kegiatan Relawan Sapu Bareng (Sabar) : Si Oren Rutin Jaga lingkungan Lewat Jumat Bersih
BEBERSIH: Relawan Pemuda Sapu Bareng (Sabar) rutin membersihkan sampah setiap hari jumat di Jalan Protokol maupun gang RT1/7 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung. FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK
relawan sapu bareng
BEBERSIH : Relawan Pemuda Sapu Bareng (Sabar) rutin membersihkan sampah setiap hari jumat di Jalan Protokol maupun gang RT1/7 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung. FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

 

Dibentuk beberapa tahun lalu, membuat relawan sapu bareng (sabar) berperan aktif di lingkungan dalam menjaga kenyamanan dan kebersihan. Dimana awalnya hanya memiliki anggota 9 orang saja.

Laporan: Daffa Andarifka Syaifullah

RADARDEPOK.COM – Sejumlah orang tampak kompak mengenakan rompi berwarna oranye. Tetapi, mereka bukanlah petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. Melainkan orang-orang yang peduli akan lingkungan yang nyaman dan asri untuk ditinggali.

Ihwal kebersihan lingkungan menjadi momok masalah yang akan diselesaikannya. Dengan peralatan seadanya, 9 pemuda yang diinisiasi oleh ketua RT ini sudah siap berjibaku jalani kegiatan Jumat Bersih.

“Mereka ini Relawan Sabar, kepanjangan dari Sapu bersih. Terdiri dari 9 remaja di lingkungan kami, RT1/7 Kelurahan Ratujaya,” jelas Ketua RT1/7, Sopian Hadi.

Dari pukul 08:00 kegiatan bebersih tersebut dimulai. Daun kering, plastik, botol, dan lainnya mereka sapu bersih. Dari jalan protokol hingga gang sempitpun mereka jamahi.

Namanya juga relawan, mereka dengan ikhlas melakukan pekerjaannya. Walau tanpa dibayar, semangatnya tak redup sedikitpun. Senyum mereka secercah harapan dan mentari yang menyinari negeri ini.

“Kita terkendala dana, tapi kita coba cari donatur dari luar, semoga kedepannya lebih baik lagi,” tegasnya.

Sampah-sampah tersebut mereka kumpulkan dan tak lupa untuk dipilah guna mendaur ulang menjadi beragam inovasi. Seperti pot dari barang bekas, pupuk dan lainnya. Tentu hal ini sangat berpengaruh dalam mengurangi volume sampah di lingkungan.

“Di RW 7 ini ada juga bank sampah, nantinya sampah ini bisa kita daur ulang. Bisa juga dijual untuk menambah pundi-pundi rupiah,” tutupnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya