jalan rusak dilalui mobil
RUSAK PARAH: Pengendara saat melintas di Jalan Raya Pabuaran yang rusak parah, hingga tak sedikit banyak pengendara yang mengalami kecelakaan saat melintas di jalan tersebut. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK
jalan rusak dilalui mobil
RUSAK PARAH : Pengendara saat melintas di Jalan Raya Pabuaran yang rusak parah, hingga tak sedikit banyak pengendara yang mengalami kecelakaan saat melintas di jalan tersebut. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, BOJONGGEDE – Kondisi Ruas Jalan Raya Pabuaran, Bojonggede, perbatasan antar Kota Depok dan Kabupaten Bogor bisa dikatakan mengenaskan. Pasalnya, hampir tiga tahun jalan tersebut mengalami rusak parah.

Bahkan kerusakan jalan ada yang berdiameter sekitar 60 centimeter, hingga saat hujan tersebut banyak lubang yang tergenang dan menutup jalan sampai kerap kali membahayakan pengendara yang melintas.

Salah satu pemilik kios yang berada di Jalan tersebut, Akhmad menyampaikan bahwa kerusakan sudah cukup lama. Sebelumnya memang sudah dilakukan perbaikan, tetapi karena tidak ada saluran pembuangan air maka kembali rusak.

“Jadi jalan cepat rusak karena terus terandam air, itu penyebabnya. Tapi dari saat itu sampai sekarang tidak ada perbaikan lagi,” jelasnya saat dikonfirmasi, Selasa (12/01).

Menurutnya, saat perbaikan melakukan tambal sulam yang rentan rusak jika diguyur hujan, karena tidak dapat bertahan kuat dengan air. Kubangan yang menggenangi jalan ini saat hujan sangat berbahaya. Banyak pengendara mobil dan motor memperlambat laju kendaraan di lokasi ini.

“Banyak yang jatuh saat melintasi jalan ini. Hampir setiap hari ada korban. Menolong orang jatuh sudah menjadi kebiasaan kami di sini,” ucap Ahmad.

Hal serupa juga diakui pekerja toko furniture yang berada di lokasi Aryo menambahkan, bahwa menolong pengendara sudah menjadi hal yang biasa karena banyak pengendara yang terjatuh akibat tidak mengetahui jalan rusak sebab tertutup air.

“Rusaknya sudah lama. Banyak juga yang jatuh saat melintas,” kata Anto.

Ia mengaku, kerusakan jalan tersebut membawa dampak konsumennya yang enggan singgah untuk membeli karena jalannya yang rusak parah. Rusaknya jalan ini telah membuat orang frustasi. Rata-rata pengendara yang mengalaminya muak melihat kondisi jalan yang tak pernah ada perbaikan ini.

Tak sedikit aparatur pemerintah wilayah setempat menjadi sasaran warga. Salah satunya Ketua RT03/RW014 Kelurahan Pabuaran, Suyanto mengaku tak habis pikir melihat realita ini. Lurah Pabuaran yang notabene paling tahu keadaan wilayah, seakan menutup mata atas kondisi di lingkungannya.