banyak orang masker
ILUSTRASI
banyak orang masker
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM – Memakai masker menjadi salah satu langkah paling sederhana dan penting yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dan membantu memutus penyebaran virus Korona (Covid-19).

Ternyata tidak hanya tentang mengenakan maskert saja, tetapi akan menjadi percuma jika tidak mematuhi tata caranya, agar benar-benar bisa mencegahnya dengan baik dan benar.

Studi yang diterbitkan dalamĀ Physics of Fluids pada 22 Desember 2020, menemukan bahwa memakai masker tanpa menjaga jarak kemungkinan tak cukup untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Studi ini dimaksudkan untuk menyimpulkan apakah masker wajah mampu memberikan perlindungan dari bersin dan droplet di udara ketika orang-orang berdekatan dalam interaksi tatap muka. Peneliti menggunakan mesin untuk mensimulasikan batuk dan bersin terhadap lima jenis masker, yaitu masker N-95, masker bedah, masker kain dua lapis, masker kain biasa, dan masker kain basah dua lapis.

Mereka menemukan bahwa masker tak selalu efektif dalam melindungi orang dari Covid-19 ketika jarak mereka kurang dari 2 meter. Meski masker secara dramatis berhasil mengurangi jumlah droplet penderita yang menyebar, faktanya masih cukup banyak droplet yang berhasil menembus bahan masker. Ini berpotensi menyebabkan penyakit bila jaraknya kurang dari 2 meter.

Di sisi lain, ada beberapa masker yang harus dihindari untuk digunakan. Apa saja? Ini dia.

1. Masker bekas

Berapa banyak dari Anda yang mengenakan kembali masker bekas? Penelitian terbaru menemukan bahwa tindakan ini bisa berbahaya.

Studi yang diterbitkan pada 15 Desember diĀ Physics of Fluids, menyimpulkan bahwa memakai masker bekas atau usang bisa lebih buruk daripada tidak memakai masker apa pun dalam beberapa kasus.